Tips Memilih Nama Bayi

Tips Memilih Nama Bayi - Setiap orang tua ingin memberikan nama terbaik dan bermakna untuk bayi mereka. Memilih nama bayi memang menjadi perkara yang gampang-gampang susah. Orang tua terkadang memilih nama yang terdengar keren, unik atau tak biasa untuk anak mereka, namun pada akhirnya berakhir dengan nama yang aneh.


Agar tidak terjebak dalam kejadian tersebut, berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menetapkan nama bayi Anda, seperti dikutip dari WebMD.

1. Hati-hati dengan nama populer. Semua orang tua menginginkan nama yang trend dan belum digunakan untuk buah hati mereka. Beberapa nama populer yang umumnya dipilih orang tua, seperti Nama kota, Nama belakang untuk nama depan, Nama yang terdengar 'antik', dan adapun yang memilih nama yang berasal dari alam, misalkan: Bumi, Mega, Mentari, dan lainnya.

2. Terlalu terobsesi dengan pilihan nama. Saat ini orang tua semakin sadar arti penting nama. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nama-nama tertentu memberikan kesan yang bagus. Namun tentu saja Anda tak perlu terlalu terobsesi untuk menemukan nama sempurna berdasarkan penelitian, bukan?

3. Manfaatkan setiap inspirasi. Siapa bilang inspirasi tentang nama bayi harus selalu datang dari buku kumpulan nama bayi? Inspirasi tentang nama bisa didapatkan dari manapun, mulai dari kumpulan CS favorit, hingga nama kakek buyut di pohon keluarga.

Nama juga bisa menjadi sebuah hal yang akan Anda kenang ketika mengandung si buah hati. Misalkan ketika mengandung Anda sering makan di tempat tertentu, Anda bisa mengambil inspirasi nama dari tempat tersebut untuk selalu mengenang kebiasaan Anda saat hamil. Dengan begitu, nama anak memiliki sejarah unik yang bisa Anda kenang.

4. Ketika pasangan tak sepakat. Tak semua pasangan kemudian sepakat dengan nama yang dipilih untuk anak mereka. Calon ayah dan ibu bisa saja bertengkar untuk memilih nama anak mereka. Jika ini terjadi, ada baiknya pasangan membuat daftar nama yang disetujui. Tak ada salahnya juga menunggu hingga bayi lahir untuk melihat nama apa yang cocok untuk mereka.

Nama bayi bisa menanamkan perasaan mengenai etnis, cerminan diri, dan identitas gender. Yang terpenting adalah menghargai perasaan satu sama lain dan memilih nama yang sesuai untuk pasangan.

Jika Anda masih belum yakin memilih nama bayi, coba ingat-ingat tiga tips mudah ini.

  1. Bagi daftar nama yang sudah Anda pilih dengan orang lain, misalkan orang tua atau teman dengan selera yang bisa Anda percaya. Jika orang-orang dalam keluarga atau teman Anda tak menyukainya, lebih baik lewatkan.
  2. Berpikir seperti penduduk lokal. Memberi nama adalah urusan lokal. Pilih nama yang sesuai dengan tempatnya tinggal. Bukan nama pasaran, namun tetap bisa diterima oleh lingkungannya.
  3. Gunakan ejaan yang mudah. Jangan terpancing dengan ejaan yang sedang populer. Kebanyakan orang memakai nama yang biasa namun dengan ejaan berbeda. Masalahnya, nama seringkali akan diucapkan, bukan dieja.

Sumber: Merdeka.com

Ringkas.net dikelola oleh tiga orang pemuda (Abede Thalib, Alyssa K, Lisa Nathalia) yang sementara belajar menulis, dan berdedikasi untuk menyampaikan informasi terbaru yang diketahuinya.