Berikut 5 Saran Bisnis Berdasarkan Riset Pasar untuk Pengusaha


Riset merupakan kunci utama dalam pemasaran produk bagi pengusaha. Dengan penelitian yang teliti, pengusaha dapat mengenali serta mengatasi hambatan spesifik yang ada di pasar.


Menurut Harvard Business Review, untuk mengoptimalkan pemasaran produk, analisis mendalam sangat penting guna membantu pengusaha merumuskan strategi pemasaran sesuai dengan dinamika pasar.


Dengan riset pasar, perusahaan dapat lebih mendalami pemahaman mereka mengenai kebutuhan konsumen, tren pasar terkini, serta pola pembelian. Pengetahuan ini kemudian membantu dalam mengambil keputusan yang lebih informasi terkait produk, penetapan harga, strategi promosi, hingga distribusi.


Lantas, bagaimana sebaiknya pengusaha melakukan riset pasar untuk mengembangkan bisnis mereka? Nicola Jihzar, pendiri Nona Woman, memberikan empat saran praktis bagi pengusaha untuk memaksimalkan bisnis melalui riset pasar.


1. Edukasi Terkait Produk dan Merek

Sebagai langkah awal, pengusaha harus mengenali keunggulan produk yang ditawarkan. Selain itu, memahami persepsi masyarakat tentang isu tertentu dan bagaimana merek atau produk dapat menawarkan solusi dapat menjadi titik awal yang kuat dalam strategi pemasaran.


2. Laksanakan Survei Terhadap Target dan Fokuskan Pada Tujuan

Untuk memastikan relevansi produk bagi konsumen, pengusaha disarankan untuk melaksanakan survei lapangan. Survei ini bisa berisi pertanyaan-pertanyaan yang bertujuan menggali kebutuhan dan ekspektasi target konsumen. Lebih lanjut, pengusaha dapat memperluas cakupan survei dengan melibatkan berbagai sumber informasi dengan kriteria yang serupa.


3. Analisa Produk Pesain

Pengusaha harus rutin mengkaji dan menganalisa produk dari pesaing. Kajian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pesain dalam industri serupa menjalankan bisnis mereka. Beberapa aspek yang perlu diteliti antara lain mekanisme kerja produk pesaing, aspek yang membutuhkan penyempurnaan, dan lainnya.


Dalam proses riset ini, pengusaha disarankan untuk membandingkan produknya dengan produk sejenis, baik yang beredar di dalam negeri maupun di pasar internasional. Tujuannya adalah agar dapat mengintegrasikan standar internasional ke dalam produk sesuai dengan visi awal pembuatannya.


4. Kembangkan Konten yang Berkualitas dan Tingkatkan Kesadaran Produk

Sebagai kelanjutan dari riset produk, salah satu langkah penting yang harus ditempuh adalah memperkuat kesadaran masyarakat terhadap produk dan brand Anda. Upaya ini bisa dilakukan dengan menyajikan konten yang relevan dan bermanfaat. Cari tahu apa saja informasi yang diinginkan konsumen dan bagaimana menyajikannya dengan menarik.


Lebih lanjut, untuk memperkuat kehadiran brand Anda, libatkan diri Anda dalam kegiatan interaktif di media sosial melalui konten yang menarik, menyediakan ruang diskusi bagi pengguna, dan mendukung mereka dengan rekomendasi produk yang sesuai kebutuhannya.


5. Pahami Teknik Berjualan Melalui Live Streaming

Saat ini, penjualan langsung melalui live streaming semakin populer di dunia e-commerce. Sebelum menyelenggarakan live selling, penting untuk mengetahui karakteristik target pasar Anda agar presentasi produk tepat sasaran.


Ketika melakukan live streaming penjualan, idealnya Anda mempersiapkan minimal dua pembawa acara yang tampil di depan kamera profesional, menggunakan teleprompter agar tetap menjaga interaksi mata dengan pemirsa, serta tim pendukung yang memantau dan memfilter komentar dari audiens. Berikut adalah beberapa strategi agar bisnis Anda dapat berkembang melalui pendekatan riset pasar yang tepat.