Mouse Komputer: Definisi, Peran, dan Mekanisme Kerja

Avatar photo

D. Mendra

Mouse Komputer: Definisi, Peran, dan Mekanisme Kerja

Dalam dunia teknologi informasi, banyak perangkat yang menjadi bagian esensial dari pengalaman komputasi kita sehari-hari. Salah satunya adalah mouse komputer, yang tidak hanya memudahkan kita dalam berinteraksi dengan komputer, tetapi juga telah mengalami berbagai evolusi sejak diperkenalkan pertama kali. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai definisi, kegunaan, serta mekanisme kerja dari mouse komputer.

Mouse, yang juga dikenal sebagai tetikus, adalah inovasi awal yang diciptakan oleh Douglas Engelbart dan dibuat oleh Bill English menggunakan kayu dengan satu tombol. Engelbart mendapatkan hak paten untuk mouse ini pada November 1970. Dengan berjalannya waktu, mouse mengalami evolusi dan inovasi, menjadikannya lebih modern.

Definisi Mouse Komputer

Apa itu mouse komputer? Mouse adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk menggerakkan kursor atau pointer di layar monitor untuk memberikan perintah tertentu.

Mouse berfungsi sebagai perangkat masukan yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer melalui gerakan kursor di layar. Engelbart memberi nama perangkat ini “mouse” karena kabel yang menyerupai ekor tikus dan bentuknya yang mirip dengan hewan tersebut.

Peran Mouse Komputer

Berikut adalah beberapa peran utama dari mouse komputer:

  • Memberikan instruksi ke komputer dengan menggerakkan mouse diatas permukaan khusus, biasanya mouse pad.
  • Mengindikasikan posisi kursor di layar monitor.
  • Menginisiasi perintah seperti klik, double click, drag anddrop, dan klik kanan.
  • Membesarkan atau mengecilkan tampilan dokumen.
  • Melakukan scrolling untuk menampilkan konten di suatu program dengan menggerakkan roda scroll.
  • Mengaktifkan tombol perintah dan memberi instruksi pada
  • Mengatur pembesaran visual dari suatu item.
  • Memfasilitasi kegiatan seperti bermain game, merancanggrafis, dan lain-lain dengan lebih cepat dan efisien.
  • Mengirim sinyal elektronik dari mouse ke unit pemrosesan.
Baca Juga:  Mengidentifikasi Provider Internet Cepat di Area Anda

Mekanisme Operasional Mouse Komputer

Ketika mouse dihubungkan ke komputer, sebuah lampu LED berwarna merah akan menyala. Cahaya ini difokuskan ke bagian bawah mouse melalui sebuah lensa spesifik (HDNS-2100).

Cahaya yang dipantulkan dari LED ini kemudian diterima oleh kamera yang terintegrasi pada Sensor Optical Mouse. Kamera ini merekam gambar permukaan pada kecepatan sekitar 1500 hingga 6000 gambar tiap detiknya untuk mendeteksi pergerakan mouse.

Gambar-gambar tersebut kemudian dianalisis oleh Processor Digital Signal, dan informasi tentang koordinatnya dikirimkan ke IC A2611D melalui jalur data serial. Selanjutnya, IC (A2611D) mengolah input dari sensor gambar dan tombol mouse, mengonversinya ke format protokol USB, dan mengirimkan data tersebut ke komputer. Driver mouse yang sudah terinstal pada komputer kemudian menginterpretasikan data koordinat tersebut untuk menghasilkan pergerakan kursor di layar yang sesuai.Referensi:

  • (2020). Pengenalan Teknologi Informasi danKomunikasi. Uwais Inspirasi Indonesia.
  • Somadinata, Y. (2016). Fakta Menarik Seputar Komputer. ElexMedia Komputindo.
  • Putra, R. (2008). Pintar Komputer Dalam Hitungan Hari. Tangga
  • Zein, A. dkk. (2022). Dasar-Dasar Perangkat Keras. CendikiaMulia Mandiri.

Seiring dengan perkembangan teknologi, mouse komputer telah menjadi salah satu perangkat penting yang mendefinisikan bagaimana kita berinteraksi dengan dunia digital. Melalui pemahaman yang mendalam tentang asal-usul, kegunaan, dan cara kerjanya, kita dapat lebih menghargai peran dan kontribusi alat sederhana ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai pengguna, memiliki pengetahuan tentang alat-alat yang kita gunakan setiap hari tentunya akan menambah apresiasi kita terhadap kemajuan teknologi dan inovasi yang terus berlanjut.

Share

Tags

Rekomendasi