13 Daftar Destinasi Menarik di Magelang untuk Liburan

Avatar photo

D. Mendra

Daftar destinasi menarik di Magelang mempersembahkan keindahan alam yang mempesona, situs sejarah yang mengagumkan, dan pengalaman wisata yang memikat.

Terletak di hati Jawa Tengah, Magelang menjanjikan sejumlah atraksi wisata yang mempesona. Mulai dari Candi Borobudur yang terkenal di dunia, deretan situs candi Buddha, hingga keindahan alam dan pesona desa wisata, semuanya menambah kekayaan pariwisata di Magelang.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Magelang yang layak Anda kunjungi saat liburan:

1. Punthuk Setumbu

Dari Bukit Menoreh, Magelang, nikmati pemandangan Candi Borobudur yang menakjubkan dengan latar belakang siluet Gunung Merapi dan Merbabu saat fajar menyingsing.

2. Bukit Dagi

Sebagai alternatif untuk menyaksikan Candi Borobudur, Bukit Dagi menyuguhkan pemandangan yang tak kalah mempesona. Terletak pada ketinggian 275 meter, bukit ini dikelilingi oleh hutan pinus dan pemandangan hijau yang segar. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkeliling dengan VW safari beratap terbuka yang tersedia di sini.

3. Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Bukit Rhema
Foto: Unsplash/Hongbin

Dengan desain arsitektural yang unik, Bukit Rhema atau lebih populer dengan sebutan Gereja Ayam sekarang telah menjadi magnet bagi wisatawan.

4. Air Terjun Kedung Kayang

Berada di Desa Wonolelo, air terjun ini dengan ketinggiannya mencapai 40 meter menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam. Sebuah jalan setapak singkat dari area parkir akan membawa Anda ke sana.

5. Ladon Little Island

Terletak di tepi Sungai Progo, Ladon Little Island menyajikan pemandangan pasir putih yang mirip dengan pantai. Anda dapat menghabiskan waktu dengan berfoto, berperahu karet, atau bahkan berkuda di sekitar area ini.

6. Museum OHD

Sebagai surga bagi para pencinta seni, Museum OHD memamerkan koleksi seni yang sangat beragam, menjadikannya sebagai tempat yang harus dikunjungi bagi siapa saja yang menghargai seni.

Baca Juga:  11 Destinasi Terbaik di Semarang untuk Liburan

7. Candi Borobudur

Monumen bersejarah ini, salah satu dari tujuh keajaiban dunia, memamerkan arsitektur dan relief yang mengesankan. Lokasinya yang strategis memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya.

8. Candi Mendut

Candi Mendut
Foto: Google Maps/Destu83

Berlokasi tidak jauh dari Candi Borobudur, Candi Mendut memiliki sejarah yang diyakini lebih kuno dibandingkan Borobudur. Struktur kuno ini berbentuk persegi dengan dimensi 10 x 10 meter dan mencapai ketinggian 13,3 meter. Relief pada candi ini menceritakan narasi yang berdasarkan doktrin Buddha.

9. Candi Umbul

Di sini Anda akan menemukan mata air panas alami serta kolam renang yang, menurut cerita rakyat, dulunya digunakan sebagai tempat berendam oleh putri-putri kerajaan.

Sambil menikmati rasa hangat air, Anda juga bisa menatap keindahan Bukit Menoreh. Lokasi Candi Umbul berada di Dusun Candi Umbul, Desa Kartoharjo, Grabag, tak jauh dari kawasan Borobudur.

10. Silancur Highland

Terletak di sisi tenggara Gunung Sumbing, Silancur Highland menghadirkan panorama alam yang memukau. Ada taman bunga, lahan perkemahan, dan pemandangan matahari terbit yang menawan.

Bagi para fotografer, banyak spot menarik untuk diabadikan. Tiket masuk ke kawasan ini terjangkau, namun ada biaya tambahan untuk fasilitas glamping.

11. Sungai Elo

Sungai Elo
Foto: Twitter/Alfinnn

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Sungai Elo adalah destinasi yang sempurna. Sungai ini terkenal sebagai salah satu lokasi terbaik di Magelang untuk aktivitas rafting, dengan arus dan jeram yang menantang.

12. Ketep Pass

Dari tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan empat gunung megah di Magelang: Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Ketep Pass juga menawarkan Museum Vulkanologi dan Volcano Theater, tempat di mana Anda bisa mendalami informasi tentang Gunung Merapi dan sejarahnya.

13. Bukit Tidar

Disebut juga sebagai Gunung Tidar, bukit ini berlokasi tepat di pusat kota Magelang. Tak hanya menjadi tujuan wisata, Bukit Tidar juga sering dijadikan tempat untuk petilasan dan latihan militer.

Baca Juga:  19 Daftar Destinasi Wisata Pilihan di Luwu Utara

Dalam mitologi setempat, gunung ini dianggap sebagai ‘Paku’ dari Pulau Jawa dan berdiri setinggi 503 meter di atas permukaan laut. Di sini, Anda bisa menjumpai berbagai jenis tanaman, dari yang umum hingga yang langka.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment