8 Destinasi Tersembunyi Lombok yang Patut Diketahui

Avatar photo

D. Mendra

8 Destinasi Tersembunyi Lombok yang Patut Diketahui

Meski dikenal sebagai salah satu tujuan wisata populer di Indonesia dengan pantai-pantai mempesona, Lombok memiliki lebih banyak untuk ditawarkan. Tak banyak yang menyadari bahwa Lombok juga menyimpan keajaiban berupa pegunungan, bukit-bukit, air terjun, gua, dan sejumlah tempat menarik lainnya.

Seiring dengan peningkatan infrastruktur dan ketersediaan fasilitas seperti hotel dan restoran, pariwisata Lombok punya peluang besar untuk tumbuh lebih pesat. Berdasarkan informasi yang kami kumpulkan dari berbagai sumber, berikut tiga tempat menarik di Lombok yang mungkin luput dari perhatian Anda:

1. Gua Bangkang

Terletak di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Gua ini bersejarah dengan ribuan kelelawar di dalamnya. Kunjungi saat senja untuk melihat keindahan matahari terbenam dan ribuan kelelawar yang keluar. Meski belum banyak yang mengetahuinya, Anda bisa mendapatkan momen foto yang menawan di sini dengan biaya masuk hanya Rp 5.000.

2. Tanjung Poki

Berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Dari Kota Mataram, perjalanan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Selain bisa memancing ikan Giant Travelly, Anda juga bisa menikmati ombak besar dari atas tebing. Dengan keindahan alamnya, Anda bisa berfoto atau sekadar bersantai. Yang menarik, Anda tidak dikenakan biaya masuk  untuk menikmati keindahan Tanjung Poki.

3. Bukit Pergasingan

Terletak di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Bukit ini menawarkan tantangan dengan ketinggian 1.670 meter dan waktu pendakian sekitar 3 jam. Banyak yang memilih bukit ini sebagai pemanasan sebelum mendaki Gunung Rinjani.

Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimilikinya, Lombok tetap menjadi destinasi yang menjanjikan bagi setiap pelancong.

Bukit Pergasingan menawarkan pemandangan yang sungguh mempesona dari ketinggiannya. Dari sana, Anda dapat menyaksikan keagungan Gunung Rinjani dan panorama sawah berwarna-warni di bawahnya, dengan latar langit biru yang menambah keindahan. Ini adalah lokasi yang sempurna untuk mengabadikan momen. Tiket masuk ke bukit ini hanya seharga Rp 10.000.

Baca Juga:  Museum D'Topeng, Museum yang Memamerkan 2000 Topeng & Beraneka Ragam Artefak di Malang

4. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Terletak di kaki Gunung Rinjani, di Jalan Wisata Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur, Taman Pusuk Sembalun menyajikan kehijauan alam yang segar. Dengan pepohonan yang rimbun, beberapa penduduk setempat bahkan membuat titik pandang untuk menikmati pemandangan. Kunjungan terbaik ke taman ini adalah saat matahari terbit atau matahari terbenam. Tiket masuk seharga Rp 15.000/orang.

5. Pantai Semeti

Berlokasi di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, Pantai Semeti adalah destinasi yang jarang dikunjungi karena aksesnya yang cukup sulit. Namun, keindahannya tiada tara dengan bebatuan yang meruncing dan air laut biru. Pemandangan sunset di sini sebanding dengan keindahan di Bali. Pantai ini sering disebut “Planet Krypton” karena kemiripannya dengan latar film Superman. Dengan hanya Rp 5.000, Anda bisa menikmati indahnya Pantai Semeti, terutama saat matahari terbenam.

6. Pantai Penyisok

Terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Pantai Penyisok menawarkan keindahan yang masih asli. Akses jalan yang menantang, melintasi ladang jagung dan bebatuan terjal, menjadikannya kurang populer di kalangan wisatawan. Namun, bagi yang berani menjelajahi, pantai ini menyimpan pesona alam yang tiada duanya.

Akses yang sulit ke Pantai Penyisok tidak mengurangi pesonanya sama sekali. Saat Anda sampai, Anda akan disuguhi pemandangan tebing-tebing megah yang berdiri di tepi Samudera Hindia dengan air laut berwarna biru pekat. Anda pun bisa mendaki tebing untuk mendapatkan pemandangan yang lebih memukau. Di sekitarnya, terhampar padang savana yang hijau dan subur.

Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja, tetapi saat matahari terbit atau tenggelam adalah momen terindah. Tiket masuknya Rp 10.000 per orang.

Baca Juga:  Desa Potato Head Bali, Taman Rekereasi Air & Sarana Edukasi Favorit

7. Air Terjun Mangku Sakti

Berlokasi di Dusun Sajang, Lombok Timur, Air Terjun Mangku Sakti menawarkan pemandangan yang seperti diambil dari sebuah kisah dongeng. Di antara batuan besar dengan formasi unik, mengalir air berwarna biru susu. Warna unik ini berasal dari campuran belerang. Dipercaya, air ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk menyaksikan keajaiban ini.

8. Air Terjun Benang Kelambu

Terletak di Desa Aik Bukaq, Lombok Tengah, air terjun ini menawarkan keindahan yang tak kalah mempesona. Air mengalir melalui tebing yang ditumbuhi tanaman merambat, dengan hutan lebat sebagai latar belakangnya, menciptakan pemandangan yang asri. Perjalanan menuju sini akan membawa Anda melewati perkebunan kopi dan cokelat serta hamparan pegunungan yang segar. Tiket masuknya hanya Rp 5.000.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment