Dengarkan! Begini Trik Membuat Baterai Smartphone Bertahan Lama

Avatar photo

D. Mendra

Dengarkan! Begini Trik Membuat Baterai Smartphone Bertahan Lama

Dalam era digital saat ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Kinerja baterai sering menjadi kekhawatiran utama bagi banyak pengguna, terutama bagi mereka yang bergantung pada smartphone untuk berbagai keperluan, dari komunikasi hingga pekerjaan.

Memahami cara merawat dan memperpanjang umur baterai smartphone Anda bukan hanya akan memastikan perangkat berfungsi optimal, tetapi juga akan menghemat biaya penggantian baterai atau perangkat baru.

Baterai menjadi jantung dari smartphone, memberikan energi untuk menjalankan beragam komponen dalam perangkat seperti layar, prosesor, dan kamera. Namun, sayangnya, kebanyakan baterai smartphone mulai berkurang performanya setelah dua tahun penggunaan.

Agar baterai smartphone kamu lebih tahan lama, berikut beberapa cara yang direkomendasikan oleh Gizchina:

Atur Kecerahan Layar

Konsumsi daya terbesar biasanya berasal dari layar smartphone. Dengan menyesuaikan kecerahan layar menjadi lebih redup, kamu bisa menghemat konsumsi baterai.

Aktifkan Mode Gelap

Bagi kamu yang menggunakan smartphone dengan layar AMOLED, mengaktifkan mode gelap bisa menjadi trik pintar. Layar jenis ini lebih hemat baterai saat menampilkan warna hitam, sehingga mode gelap bisa memperpanjang daya baterai.

Nonaktifkan Fitur Tak Terpakai

Banyak fitur di smartphone yang sering beroperasi di belakang layar meski kita tak menggunakannya. Menonaktifkan fitur-fitur ini bisa membantu menghemat baterai.

Nonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Saat Anda membuka aplikasi, ia terus beroperasi di belakang layar, memakan daya baterai, khususnya jika Anda membiarkan banyak aplikasi berjalan sekaligus. Untuk itu, sebaiknya nonaktifkan aplikasi yang tak lagi Anda gunakan.

Aktifkan Mode Hemat Energi

Hampir semua smartphone dilengkapi dengan fitur mode hemat energi yang dirancang untuk memperpanjang daya tahan baterai. Mode ini biasanya mengurangi intensitas kecerahan layar, membatasi aktivitas aplikasi latar belakang, dan menghentikan proses yang tak perlu. Mengaktifkannya dapat membantu Anda menghemat daya baterai.

Baca Juga:  7 Panduan Sederhana Mengatasi Laptop yang Macet

Lakukan Pembaruan Sistem

Pembaruan sistem seringkali memperkenalkan peningkatan efisiensi baterai. Oleh karena itu, selalu pastikan perangkat lunak smartphone Anda tetap diperbarui. Anda bisa memeriksa pembaruan dengan masuk ke menu pengaturan dan mencari opsi pembaruan sistem.

Pertimbangkan Penggantian Baterai

Jika setelah melakukan berbagai langkah di atas tetapi baterai masih cepat habis, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan penggantian baterai, agar Anda tak terus-menerus terganggu dengan baterai yang cepat habis.

Memaksimalkan umur baterai smartphone Anda membutuhkan perhatian dan perawatan konsisten. Dengan menerapkan langkah-langkah yang telah disebutkan, Anda tidak hanya dapat menikmati waktu operasi yang lebih lama dari baterai Anda, tetapi juga memperpanjang umur keseluruhan perangkat Anda.

Ingatlah selalu bahwa sedikit upaya pencegahan bisa menghemat Anda dari ketidaknyamanan dan biaya yang tidak perlu di masa depan. Sebuah smartphone yang sehat dimulai dari baterai yang terawat dengan baik.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment