Panduan dan Tahapan Over Kredit Rumah

Avatar photo

D. Mendra

Panduan dan Tahapan Over Kredit Rumah

Pilihan untuk mengambil alih KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau yang sering disebut dengan over kredit rumah bisa menjadi alternatif saat ingin membeli rumah. Namun, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan. Over kredit rumah pada dasarnya adalah langkah membeli rumah yang sedang dicicil oleh pemilik awal, sehingga Anda hanya melanjutkan cicilan tersebut.

Berikut syarat-syarat dokumen yang harus disiapkan baik oleh penjual maupun pembeli:

  • Salinan Perjanjian Kredit.
  • Salinan Sertifikat yang telah distempel bank.
  • Salinan IMB (Izin Mendirikan Bangunan).
  • Salinan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang sudah lunas.
  • Salinan bukti pembayaran cicilan terakhir.
  • Buku tabungan asli yang digunakan untuk pembayaran cicilan.

Informasi personal penjual dan pembeli, termasuk KTP, Kartu Keluarga, buku nikah (jika sudah menikah), NPWP, slip gaji terbaru, surat keterangan bekerja, surat keterangan pendapatan, dan salinan mutasi keuangan tiga bulan terakhir.

Setelah syarat terpenuhi, apa langkah selanjutnya?

Meskipun setiap bank memiliki ketentuan sendiri, umumnya tahapan over kredit rumah mirip dengan proses KPR biasa, dengan tambahan beberapa langkah khusus:

1. Reevaluasi Properti

Setelah menerima permintaan over kredit, bank akan melakukan penilaian ulang properti yang dijaminkan. Tujuannya adalah untuk mengetahui nilai pasar terbaru dan memastikan kelengkapan serta keabsahan dokumen.

2. Proses Kredit Baru

Setiap bank memiliki kriteria berbeda. Memenuhi kriteria di satu bank tidak menjamin persetujuan di bank lain. Apabila ada kenaikan nilai pinjaman, bank akan memastikan Anda tetap memiliki kemampuan untuk membayar cicilan yang mungkin bertambah.

3. Pelunasan Harga Rumah

Saat over kredit, jika dana yang disediakan bank tidak mencukupi untuk menutupi harga jual, Anda harus menyediakan dana sendiri untuk mengcover kekurangan tersebut.

Baca Juga:  6 Membandingkan KPR Konvensional dengan KPR Syariah

Sebelum melakukan over kredit, ada hal-hal lain yang harus diperhatikan, seperti memastikan kondisi fisik properti, memverifikasi legalitas dokumen, dan mengecek riwayat kredit pemilik sebelumnya.

Beberapa Tips Tambahan saat Melakukan Over Kredit Rumah:

1. Riset Bank

Sebelum memutuskan untuk mengambil jalur over kredit, lakukan riset mendalam mengenai bank yang akan Anda pilih. Pastikan untuk memahami semua biaya yang mungkin dikenakan, serta persyaratan khusus yang mungkin diterapkan.

2. Konsultasi dengan Ahli

Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan seorang ahli keuangan atau notaris sebelum melanjutkan. Mereka dapat membantu Anda memahami seluruh proses, risiko, dan manfaat dari over kredit.

3. Review Kontrak

Sebelum menandatangani apapun, pastikan untuk membaca dan memahami semua detail kontrak. Jika ada hal yang tidak Anda mengerti, jangan ragu untuk bertanya.

4. Memeriksa Riwayat Pemilik Lama

Selain memeriksa riwayat kredit pemilik sebelumnya, pastikan juga untuk mengetahui alasan pemilik lama menjual rumah. Ini bisa memberikan gambaran mengenai kondisi properti dan potensi masalah yang mungkin timbul di masa depan.

5. Pemeriksaan Properti

Selain evaluasi bank, lakukan juga inspeksi mandiri atau dengan bantuan ahli terhadap properti. Pastikan tidak ada kerusakan tersembunyi atau masalah lain yang mungkin mempengaruhi keputusan Anda.

6. Pertimbangkan Aspek Jangka Panjang

Memikirkan keputusan dalam jangka pendek adalah hal yang wajar, tetapi pastikan juga untuk mempertimbangkan dampak jangka panjang dari keputusan Anda. Pertimbangkan potensi kenaikan suku bunga, perubahan situasi keuangan Anda, dan faktor-faktor lain yang mungkin berdampak pada kemampuan Anda untuk melanjutkan cicilan.

7. Pertimbangkan Asuransi

Beberapa bank mungkin mengharuskan Anda memiliki asuransi properti saat melakukan over kredit. Bahkan jika itu bukan syarat, mempertimbangkan asuransi adalah langkah bijak untuk melindungi investasi Anda.

Baca Juga:  Definisi dan Pro Kontra Over Kredit Rumah

Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik mengenai seluruh proses, over kredit rumah bisa menjadi solusi yang menguntungkan bagi Anda. Namun, tetaplah waspada dan hati-hati dalam setiap langkah, dan pastikan untuk selalu mendapatkan informasi dan saran dari sumber yang tepercaya.

Share

Tags

Rekomendasi