10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Jogja Dekat Malioboro yang Menarik

Avatar photo

D. Mendra

Rekomendasi destinasi wisata di Jogja dekat Malioboro menampilkan beragam atraksi budaya, situs sejarah yang mengagumkan, serta kegiatan belanja dan kuliner yang memikat, menawarkan pengalaman liburan yang berkesan.

Malioboro di Yogyakarta merupakan magnet bagi para pelancong, baik domestik maupun internasional. Bukan hanya sekedar tempat berbelanja, Malioboro juga dikelilingi oleh sejumlah destinasi menarik yang patut dikunjungi.

Dari berbagai pusat perbelanjaan, tempat hiburan, hingga deretan kulinernya, hari Anda di Malioboro akan selalu terasa seru dan menyenangkan.

Berikut adalah empat destinasi wisata di sekitar Malioboro yang wajib Anda cek:

1. Tugu Pal Putih

Kunjungan ke Malioboro belum lengkap tanpa mampir ke Tugu Pal Putih atau yang dikenal dengan Monumen Tugu Jogja. Selain menikmati keindahan tugu, Anda juga bisa mencicipi ragam kuliner di sekitarnya, mulai dari kafe hingga angkringan khas Jogja.

Dengan jarak hanya 1-3 kilometer dari Malioboro, Anda bisa memilih berjalan kaki atau menaiki becak untuk menikmati pemandangan sekitarnya.

2. Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer
Foto: Google Maps/Danial Multimedia

Tempat ini selalu ramai dikunjungi karena lokasinya yang strategis dan dikelilingi oleh bangunan-bangunan bersejarah, seperti Gedung Bank Indonesia dengan arsitektur Belanda yang khas.

Di sini, Anda bisa menikmati berbagai hiburan, mulai dari live-music hingga berwisata edukasi di Taman Pintar atau Benteng Vredeburg.

3. Alun-Alun Kidul

Sebagai salah satu pusat keramaian di malam hari, Alun-Alun Kidul menawarkan beragam kegiatan seru. Salah satu yang unik adalah tantangan laku masangin, di mana Anda ditantang berjalan melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup. Konon, jika Anda berhasil, maka keinginan Anda akan menjadi kenyataan.

4. Pasar Beringharjo

Sebagai pusat oleh-oleh, terutama batik khas Jogja, Pasar Beringharjo menawarkan berbagai pilihan desain batik dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:  Candi Borobudur: Perjalanan Menyusuri Warisan Budaya UNESCO di Magelang

Selain batik, Anda juga bisa menemukan berbagai camilan khas hingga makanan berat seperti gudeg dan sate kere yang tentunya lezat.

5. Kawasan Taman Sari

Kawasan Taman Sari
Foto: Unsplash/Filipe Freitas

Dulunya sebagai taman air kerajaan, Taman Sari kini menjadi salah satu atraksi wisata terkenal di Jogja, yang berada hanya 10 menit dari Malioboro. Di sini, Anda bisa menjelajahi Pasiraman Umbul Binangun, masjid bawah tanah, dan lainnya dengan tiket masuk hanya Rp5.000.

6. Destinasi De Mangol

Berlokasi di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro dan hanya berjarak 30-50 menit dari Malioboro, De Mangol menjanjikan keindahan alam dengan pemandangan Gunung Merapi dan beragam spot fotogenik. Tiket masuknya dimulai dari Rp20.000.

7. Museum Nasional Jogja

Menempatkan diri sebagai pusat seni kontemporer, museum ini sering menjadi tuan rumah untuk pameran-pameran terkemuka seperti Art Jog. Meskipun umumnya gratis, ada beberapa pameran yang mungkin memungut biaya antara Rp50.000 hingga Rp75.000.

8. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum
Foto: Google Maps/Widi Krapyak

Sebagai makanan khas Jogja, Gudeg Yu Djum menawarkan pengalaman kuliner otentik di cabangnya yang berlokasi di Jalan Dagen, dekat Malioboro. Anda bisa menikmati gudeg dengan harga mulai Rp15.000 hingga Rp250.000.

9. Kampung Budaya Sosromenduran

Berjarak hanya sekitar 500 meter dari Malioboro, kampung ini menawarkan ragam atraksi budaya, dari tarian hingga workshop kerajinan barongsai. Fasilitas di sini meliputi homestay, restoran, serta penyewaan sepeda dan kendaraan lainnya.

10. Keraton Yogyakarta

Sebagai lambang keagungan budaya Jogja, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tetap mempertahankan tradisi dan kearifan lokalnya, menjadikannya sebagai destinasi edukatif yang patut dikunjungi bagi wisatawan dari berbagai daerah.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment