Curug Gongseng, Air Terjun di Kuningan dengan Bergama Spot Foto Instagrammable

Avatar photo

D. Mendra

Curug Gongseng adalah air terjun memesona di Kuningan yang menyuguhkan berbagai spot foto Instagrammable dalam lingkungan alam yang alami.

Sudah tidak jarang lagi diketahui bahwa keindahan wisata curug ialah ciri khas tersendiri yang wajib dikunjungi untuk berlibur. Salah satu air terjun yang terkenal di Kuningan yaitu Curug Gongseng.

Air yang mengalir di sela-sela bebatuan inilah yang sangat mempesona. Selain itu, ada berbagai hal menarik yang dimilikinya sebagai berikut.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Gongseng

1. Alur Trekking yang Mudah

Hal menarik pertama yang wajib diketahui dari air tejun di Kuniingan ini yaitu alur trekkingnya yang sangat mudah dilalui. Hal ini penting diketahui sebelum mengunjunginya karena pastinya anda perlu berjalan di alam terbuka terlebih dahulu.

Lalu, anda akan disuguhi oleh pemandangan alam air terjun yang indah sehingga rasa penat akan terbayar. Saking mudahnya, area trekking ini dapat dilalui oleh anak-anak sekalipun. Disamping itu, jarak tempuhnya tidak begitu jauh.

Apalagi, hawa yang segar dan adem karena deretan pepohonan yang hijau sejauh mata memandang, perjalanan akan terasa nikmat dan menyerukan. Jalur trekking ini telah tertata dengan baik mulai dari lokasi awal hingga area curug.

Begitu anda melewati jalur datar, anda perlu menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu agar sampai di lokasi curug.

Memang tangganya cukup panjang tapi sebentar lagi anda akan disuguhi oleh panorama alam air terjun yang memukau. Apalagi, bagian atas air terjun sudah terlihat.

2. Air Terjun yang Indah

Perlu diketahui bahwa tinggi Air Terjun Gongseng ini sekitar 20 meter. Di sela-sela bebatuan andesitnya, air mengalir dari tebing sehingga menghasilkan pewarnaan hitam yang cantik dan selaras dengan aliran airnya yang berwarna putih.

Baca Juga:  Danau Tempe, Menikmati Keindahan Alam yang Sarat Sejarah

Curug ini memang tidak sebesar Curug Cisurian di Buper Ipukan tapi panoramanya tetap cantik. Ditambah lagi dengan kolam penampungan air terjun.

3. Kolam Penampungan Curug

Hal yang tidak kalah menarik dari Air Terjun Gongseng yaitu kolam penampungannya yang berbentuk bulat. Kolam ini memiliki kedalaman sekitar pinggang orang dewasa sehingga aman digunakan sebagai wahana bermain air.

Apalagi, anda dapat bermain dekat dengan aliran air terjun. Agar terhindar dari air keruh, sangat disarankan untuk menghindari lebih banyak orang yang tengah terendah di waktu yang sama.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Foto: Google Maps/Curug Gongseng Desa WisataCibuntu

Setelah dihadapkan dengan berbagai daya tariknya, tentu anda berminat untuk segera mengunjunginya. Adapun alamat Air Terjun Gongseng yaitu berada di Dusun Secatahu, Desa Cibuntu, Kec. Persawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. Untuk menuju lokasinya, ada beberapa rute yang bisa dipilih.

Dari pusat kota Kuningan, anda bisa memilih rute dengan melewati Jalan Aria Kamuning dan belok kiri. Setibanya di Jalan Veteran belok kanan sampai di Jalan Ajid. Anda bisa belok kiri ke Jalan Syeh Maulana Akbar hingga lurus di Jalan Dr. Moch, Hatta.

Kemudian, ambil jalan Cirea hingga Pasawahan dan belok kiri dari gerbang Desa Wisata Cibuntu. Jalannya cukup mudah dilalui oleh berbagai kendaraan baik kecil hingga besar.

Jika anda masih merasa kesulitan memilih rute mana yang kira-kira mudah, anda bisa memanfaatkan bantuan Google Maps. Adapun jam buka air tempat wisata ini yaitu mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 dan beroperasi setiap hari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Menikmati Panorama Indah Curug

Salah satu kegiatan utama yang tidak boleh dilewatkan selama berada di tempat wisata ini yaitu menikmati keindahan air terjun yang mengalir dari ketinggian.

Baca Juga:  Talaga Bodas, Danau Kawah dengan Keindahan Air Berwarna Putih Kehijauan di Garut

Tidak heran jika kebanyakan pengunjung yang datang tidak sabar menikmati keindahan pemandangan yang disuguhkan dengan air dan hijau-hijauan yang asri di sekelilingnya. Pemandangan yang disuguhkan oleh Curug Gongseng ini sangat indah.

Anda dapat menyaksikan keindahan airnya yang menimbulkan genangan cantik di bawahnya. Di sekeliling air terjun, anda akan menjumpai pepohonan hijau yang rindah. Maka dari itu, suasana selalu asri.

2. Berburu Spot Foto

Hal lain yang tidak kalah seru dilakukan yaitu berburu spot foto menarik. Di sekitar area ini, anda bisa berkeliling untuk menemukan tempat foto yang estetik serta instagrammable.

Salah satu spot foto favorit pengunjung yaitu air terjun yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto. Anda dapat berfoto dari kejauhan agar kegiatan ini lebih aman dilakukan.

3. Bermain Air

Bermain air ialah kegiatan yang selalu banyak disukai oleh para pengunjung curug. Sebab, aliran air yang terjun sangat cantik dan tenang sehingga banyak pengunjung tertarik berenang di dalam genangan air yang tertampung dari air terjun.

Hal inilah yang membuat pemandangan estetik menyerupai kolam renang bundar. Anda pun dapat merasakan sensasi berenang yang segar karena air berasal dari sumber pegunungan.

Fasilitas yang Ditawarkan Curug Gongseng

Foto: Google Maps/Nazmi Adam

Sebagai salah satu destinasi wisata alam di Kuningan yang penuh dengan para pengunjung, Air Terjun Gongseng menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap, seperti toilet umum, tempat beribadah, mushola dan area parkiran yang luas.

Sehingga, anda tidak perlu khawatir akan kenyamanan di tengah-tengah kunjungan. Disamping itu, tempat wisata ini menyediakan fasilitas berupa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan air terjun dan pepohonan sekitar.

Anda dapat menemui beberapa gazebo di sekitar curug. Selain beristirahat, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai spot foto yang estetik.

Baca Juga:  Desa Potato Head Bali, Taman Rekereasi Air & Sarana Edukasi Favorit

Demikian informasi mengenai apa saja yang dimiliki oleh Curug Gongseng. Dapat disimpulkan bahwa tempat wisata ini layak dikunjungi karena menyediakan berbagai hal menarik mulai dari daya tarik, kegiatan seru, hingga fasilitas yang tersedia. Tidak heran jika curug ini selalu menjadi destinasi wisata para pengunjung yang berada di Kuningan.

Share

Tags

Rekomendasi