Simak! 10 Hal Sepele Ini Bisa Merusak Smartphone Kamu

Avatar photo

D. Mendra

Simak! 10 Hal Sepele Ini Bisa Merusak Smartphone Kamu

Dalam era digital saat ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Kita menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitas mulai dari berinteraksi di media sosial, bermain game, berkomunikasi, hingga menyelesaikan pekerjaan.

Namun, seringkali kita melakukan beberapa hal sepele yang tanpa kita sadari dapat merusak perangkat kita dalam jangka panjang.

Inilah lima tindakan sepele yang dapat mengurangi usia pakai smartphone kamu, seperti yang diungkapkan melalui Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika:

1. Mengabaikan Pelindung Layar

Meskipun banyak smartphone modern
memiliki layar yang kuat, menggunakan pelindung layar tetap dianjurkan untuk
perlindungan tambahan.

2. Mengisi Baterai Saat Habis Total

Baterai smartphone memang dirancang untuk bertahan lama, namun lebih baik untuk mulai mengisi daya saat baterai mencapai sekitar 30% daripada menunggu hingga benar-benar kosong.

3. Menghindari Pembaruan Perangkat Lunak

Banyak orang sering mengabaikan pembaruan perangkat lunak. Namun, pembaruan ini penting untuk memaksimalkan performa dan keamanan smartphone.

4. Menggunakan Charger Sembarangan

Tidak semua charger diciptakan sama. Meski kamu bisa menggunakan charger selain yang bawaan, pastikan untuk memilih yang berkualitas agar tidak berisiko merusak perangkat.

5. Biarkan Charger Tertancap Terus-menerus

Walaupun beberapa smartphone memiliki fitur penghentian pengisian otomatis, sebaiknya lepaskan charger saat sudah penuh untuk menghindari pemanasan berlebih.

Menghindari kebiasaan-kebiasaan yang merusak seperti di atas tentunya dapat memperpanjang masa pakai smartphone Anda. Namun, bukan berarti Anda hanya perlu menghindari hal-hal negative tersebut. Ada beberapa langkah positif yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kinerja dan daya tahan perangkat:

6. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Paparan sinar matahari secara langsung dapat meningkatkan suhu perangkat, yang pada akhirnya dapat mengurangi daya tahan baterai dan komponen lainnya.

Baca Juga:  9 Solusi Ketika Baterai Laptop Tidak Bisa Diisi Saat Dicas

7. Gunakan Aplikasi dengan Bijak

Hindari menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan jka tidak diperlukan, karena hal ini dapat membebani prosesor dan menguras baterai dengan cepat.

8. Bersihkan Cache dengan Rutin

Cache adalah tempat penyimpanansementara yang digunakan aplikasi. Dengan membersihkannya secara rutin, Anda bisa meningkatkan performa smartphone.

9. Pelihara Fisik Smartphone

Jangan lupa juga untuk merawat fisik smartphone Anda. Gunakan case atau sarung handphone untuk melindungi dari benturan atau goresan.

10. Hindari Tempat dengan Sinyal Lemah

Berada di area dengan sinyal lemah bisa membuat smartphone Anda bekerja lebih keras untuk menangkap sinyal, yang tentunya akan menguras baterai dengan lebih cepat.

Dengan menggabungkan pencegahan dari kebiasaan merusak dengan perawatan yang baik, Anda tidak hanya menjaga smartphone agar tetap awet, tapi juga menjaga agar performanya tetap optimal.

Ingat, sebuah smartphone yang terawat baik akan selalu siap mendukung segala aktivitas Anda. Sehingga, investasi awal Anda dalam membeli perangkat tersebut akan terasa sebanding dengan manfaat yang diterima.

 

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment