7 Panduan Mengatasi Keyboard Laptop yang Hanya Berfungsi Sebagian

Avatar photo

D. Mendra

7 Panduan Mengatasi Keyboard Laptop yang Hanya Berfungsi Sebagian

Berkali-kali, pemilik laptop mungkin menemui kendala dengan keyboard mereka, di mana hanya beberapa tombol tertentu yang berfungsi. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Salah satu alasan utama mengapa keyboard mungkin tidak berfungsi adalah akibat kotoran, kerusakan perangkat keras, atau masalah pada driver keyboard. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah keyboard:

1. Pembersihan Tombol Keyboard

Seringkali, kotoran atau debu yang terjebak di bawah tombol dapat menghambat fungsinya. Untuk mengatasinya, tiupkan udara ke bawah tombol yang bermasalah atau, dengan hati-hati, buka tombol dan bersihkan bagian bawahnya.

2. Update atau Instal Ulang Driver Keyboard

Kadang-kadang, masalahnya mungkin terletak pada driver keyboard itu sendiri. Untuk memperbaikinya, Anda bisa mencoba menginstal ulang driver. Buka Pengelola Perangkat (Device Manager), temukan keyboard, klik kanan, dan pilih “Uninstall”. Setelah itu, restart laptop Anda, dan Windows akan otomatis mendeteksi dan menginstal driver yang tepat.

3. Lakukan Restart pada Laptop

Sesederhana mungkin, namun seringkali restart merupakan solusi yang ampuh. Ini dapat membantu mengatasi sejumlah masalah perangkat lunak yang mungkin menghambat kinerja keyboard. Jika laptop Anda masih dapat digunakan, gunakan mouse untuk melakukan restart. Namun, jika mengalami hang atau tidak responsif, Anda mungkin perlu mengatasi masalah tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan restart.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat mengatasi masalah dengan keyboard laptop Anda dan kembali mengetik dengan lancar.

4. Cek Konektivitas Keyboard Anda

Bagi Anda yang menggunakan keyboard eksternal melalui USB, coba lepaskan dan sambungkan kembali koneksi USB-nya. Jika hal tersebut tidak membantu, coba hubungkan ke slot USB yang berbeda atau gunakan pada device lain untuk memastikan fungsionalitasnya. Anda juga bisa mencoba menggunakan kabel USB yang sudah terbukti berfungsi.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat RAM dalam Dunia Komputer dan Laptop

5. Pastikan Posisi Kursor pada Bidang yang Tepat

Terkadang, masalahnya ada pada posisi kursor kita. Pastikan kursor Anda berada di bidang teks yang tepat. Uji coba dengan mengklik bidang teks dan mulailah mengetik. Jika kursor berada di luar area input, penekanan tombol Anda mungkin tidak terdeteksi atau input diterima di tempat yang tidak sesuai.

6. Matikan Fitur Tambahan Keyboard

Apabila keyboard Anda tampaknya berfungsi namun dengan respons yang aneh, Anda mungkin perlu menonaktifkan fitur-fitur tertentu seperti sticky keys, filter keys, dan toggle keys. Anda bisa mengatur ini melalui Menu Pengaturan > Kemudahan Akses > Keyboard, lalu non-aktifkan fitur-fitur tersebut.

7. Uji Tombol F-Lock, Fn, dan Num Lock

Seperti yang diinformasikan oleh Computer Hope, terkadang Anda hanya perlu mengaktifkan atau menonaktifkan tombol F-Lock atau Fn untuk mengembalikan fungsi tombol F (seperti F1 hingga F12). Sementara itu, jika tombol numerik tidak merespons, coba aktifkan atau nonaktifkan tombol Num Lock yang mengatur fungsi antara input angka dan tombol fungsi lain seperti panah dan home di keypad numerik.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment