5 Poin-Poin Penting Saat Menerima Kunci Rumah Baru

Avatar photo

D. Mendra

5 Poin-Poin Penting Saat Menerima Kunci Rumah Baru

=Menerima kunci rumah baru tentunya menjadi momen yang dinanti-nantikan. Akhirnya, setelah menunggu cukup lama, hunian impian segera berada di tanganmu. Namun, di tengah kegembiraan tersebut, ada beberapa aspek yang sebaiknya tidak kamu lewatkan saat proses penyerahan rumah, demi memastikan semuanya sesuai harapan.

1. Periksa Keseluruhan Dinding

Sebelum sepenuhnya menerima rumahmu, lakukanlah pemeriksaan detail pada setiap sudut dinding. Dinding tak hanya berfungsi sebagai pembatas ruangan, namun juga menjadi bagian estetika rumah. Oleh karena itu, teliti apakah ada retakan, rembesan, atau ketidakrataan pada permukaannya. Jangan lupa, pastikan pula bahwa cat dinding telah diaplikasikan dengan sempurna tanpa cacat atau perbedaan warna, termasuk di area pertemuan dengan kusen pintu dan jendela.

2. Fokus pada Lantai

Tak kalah penting, lantai rumah harus mendapatkan perhatian khusus. Setiap bagian keramik atau lantai yang kamu pilih harus diperiksa, mulai dari keberadaan celah, ketidakrataan, hingga apakah ada yang terasa kosong di bawahnya. Cara sederhana untuk mengeceknya adalah dengan mengetuk-ngetuknya. Bila ada bagian yang bermasalah, jangan ragu untuk memberi tahu developer atau pemilik sebelumnya.

3. Coba Semua Instalasi dan Peralatan

Pastikan juga untuk mencoba semua instalasi dan fitur rumah. Misalnya, buka dan tutup pintu serta jendela berulang kali untuk memeriksa kualitasnya. Pastikan keduanya dapat berfungsi dengan lancar dan tidak ada kendala saat penguncian. Setiap detail, meski terkesan sepele, sangat penting untuk memastikan kenyamananmu di rumah baru nantinya.

Sebagai pembeli, hakmu adalah mendapatkan rumah dengan kondisi terbaik. Jadi, jangan biarkan kegembiraan menyelimuti kewaspadaanmu. Lakukan pemeriksaan dengan teliti dan pastikan rumah impianmu sesuai dengan ekspektasi. Selamat menempati hunian baru!

Selain itu, pastikan untuk menyalakan lampu, memeriksa stopkontak, serta mengaktifkan keran air dan shower yang tersedia di rumah untuk memastikan fungsinya. Jika menemukan kendala, segera informasikan kepada developer agar dapat segera diperbaiki.

Baca Juga:  Mengapa Menyewa Rumah Bisa Lebih Menguntungkan Daripada Memilikinya

4. Periksa sistem drainase di kamar mandi

Tak kalah esensial, adalah memeriksa bagaimana sistem drainase di kamar mandi bekerja. Cobalah buka keran air dan perhatikan bagaimana air bergerak menuju lubang drainase.

Ketika memeriksanya, air seharusnya bergerak dengan mudah. Tetapi, jika air bergerak lambat atau menimbulkan genangan, hal ini mungkin menunjukkan adanya hambatan atau isu pada jalur air.

5. Teliti setiap dokumen

Sebelum mengesahkan perjanjian serah terima, tinjaulah setiap dokumen dengan detail. Termasuk di dalamnya adalah sertifikat hak milik, dokumen-dokumen legal, dan dokumen terkait lainnya.

Pastikan setiap dokumen dalam kondisi valid dan bebas dari potensi masalah hukum di masa yang akan datang. Jika ragu atau memiliki pertanyaan, sebaiknya konsultasi dengan seorang notaris untuk mendapatkan arahan yang benar.

Proses pengecekan rumah saat serah terima dilakukan untuk memastikan semuanya berjalan sesuai standar. Melakukan ini bersama developer atau agen properti memungkinkan mereka menjadi saksi langsung. Hal ini memudahkan jika nantinya kamu perlu mengajukan keluhan terkait sesuatu yang tak sesuai atau bermasalah.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment