Membeli Asuransi Melalui Agen? Pertimbangkan Tips Ini

Avatar photo

D. Mendra

Membeli Asuransi Melalui Agen? Pertimbangkan Tips Ini

Banyak di antara kita mungkin telah berinteraksi dengan agen asuransi, bisa jadi mereka adalah kerabat, sahabat, atau bahkan kenalan. Ada yang merasa diuntungkan dengan bantuan mereka, sementara beberapa merasa kurang puas karena keputusan produk yang kurang tepat.

Mengambil keputusan asuransi secara mandiri memang kompleks, inilah mengapa perusahaan asuransi memiliki agen. Namun, penting untuk diingat bahwa agen adalah perwakilan dari perusahaan asuransi dan mungkin memiliki kepentingan dalam menawarkan produk dari perusahaan mereka.

Mungkin saja produk yang ditawarkan oleh agen tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, apa yang harus Anda persiapkan sebelum bertemu dengan agen asuransi? Berikut beberapa saran:

Pahami Peran dan Kewajiban Agen

Selidik latar belakang agen asuransi yang akan Anda temui. Hubungan dengan agen biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Agen bukan hanya bertugas sebagai penjual produk asuransi, tetapi juga sebagai perantara antara Anda dan perusahaan asuransi. Mereka akan membantu Anda dalam proses klaim dan berbagai hal lainnya.

Dengan panduan yang tepat dari agen, Anda dapat menemukan asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, pastikan untuk aktif bertanya dan memahami produk asuransi yang ditawarkan.

Diskusikan Keadaan Keuangan Anda

Jangan ragu untuk berbagi informasi mengenai situasi keuangan Anda saat ini dengan agen. Minta mereka merekomendasikan produk yang memiliki premi yang sesuai dengan anggaran Anda, namun tetap memberikan perlindungan yang optimal.

Perlu Anda sadari, tidak ada formula pasti atau perhitungan yang sempurna mengenai jumlah premi berdasarkan pendapatan Anda. Namun, demi stabilitas finansial, sebaiknya alokasikan paling banyak 15% dari penghasilan bulanan Anda untuk premi asuransi.

Jujurlah Mengenai Kondisi Kesehatan Anda

Proses dalam asuransi yang disebut ‘underwriting’ adalah metode untuk mengevaluasi dan mengklasifikasi risiko seseorang dan kemudian mengambil keputusan tentang penerimaan risiko tersebut.

Baca Juga:  Hati-hati, Jangan Sampai Keliru Memilih! Terdapat 5 Tipe Asuransi Kesehatan

Sangat penting untuk selalu transparan dan jujur tentang kondisi kesehatan Anda kepada agen asuransi. Kesalahan atau ketidakjujuran bisa menghambat proses klaim Anda di masa mendatang.

Tanyakan Detail Produk dengan Seksama

Ketika agen asuransi menawarkan produk, pastikan Anda menanyakan secara detail. Minta informasi mendalam tentang manfaat yang ditawarkan, durasi perlindungan, dan aspek lainnya.

Jangan ragu untuk mendalami informasi mengenai produk yang akan Anda beli, termasuk manfaat, proses klaim, dan lain-lain. Untuk asuransi yang juga berinvestasi, seperti unit link, tanyakan juga mengenai alokasi investasi.

Berani Menolak Jika Perlu

Banyak cerita di mana seseorang merasa terjebak untuk mengambil asuransi karena merasa bersalah atau “tidak enak” dengan agen, terutama jika agen tersebut adalah teman atau kerabat. Ada juga yang membeli asuransi semata-mata untuk membantu target penjualan agen.

Penting untuk diingat, keputusan membeli asuransi harus berdasar pada kebutuhan Anda, bukan emosi atau rasa bersalah. Asuransi adalah komitmen keuangan jangka panjang yang harus Anda bayar setiap tahun.

Share

Tags

Rekomendasi