Hati-hati, Jangan Sampai Keliru Memilih! Terdapat 5 Tipe Asuransi Kesehatan

Avatar photo

D. Mendra

Hati-hati, Jangan Sampai Keliru Memilih! Terdapat 5 Tipe Asuransi Kesehatan

Banyaknya promosi asuransi kesehatan melalui media sosial, media cetak, dan platform lainnya mungkin membingungkan. Tanpa mengetahui kedua tipe asuransi kesehatan ini, Anda berpotensi memilih yang tidak sesuai. Ada “Hospital Benefit” dan juga “Hospital Cash Plan”. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menutupi biaya medis Anda saat Anda dirawat di rumah sakit. Namun, cara mereka bekerja berbeda. Inilah gambaran lengkapnya:

1. Hospital Benefit

Tipe asuransi ini sering diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Intinya, asuransi ini memberikan perlindungan dalam bentuk penggantian biaya medis sesuai dengan yang dijelaskan di polis asuransi.

Asuransi kesehatan “Hospital Benefit” biasanya mencakup biaya-biaya seperti rawat jalan, rawat inap, biaya operasi, honor dokter, dan lain-lain.

Terdapat batas maksimal pertanggungan untuk masing-masing manfaat. Beberapa polis bahkan menawarkan tanpa batas (sesuai tagihan), namun tetap ada batasan tahunan.

Ada dua cara untuk mengklaim: “cashless” di mana Anda hanya perlu menunjukkan kartu asuransi saat pembayaran, dan “reimburse” di mana Anda membayar dahulu dan mengklaim pengembalian biaya ke perusahaan asuransi. Jika tagihan melebihi batas, Anda harus menanggung sisa biaya tersebut.

2. Hospital Cash Plan

Asuransi jenis ini memberikan kompensasi harian saat Anda dirawat di rumah sakit. Sebagai contoh, jika Anda dirawat selama lima hari dengan manfaat sebesar Rp 1 juta per hari, Anda akan menerima kompensasi Rp 5 juta, tanpa memandang total biaya rumah sakit Anda.

Hal menarik lainnya adalah, “Hospital Cash Plan” dapat digabungkan dengan asuransi kesehatan lain melalui mekanisme koordinasi manfaat. Tujuannya adalah untuk menggantikan pendapatan yang hilang saat Anda sakit dan mendukung biaya medis saat asuransi utama Anda mencapai batas maksimal.

3. Kombinasi Keduanya

Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kombinasi dari kedua jenis asuransi ini. Menggabungkan “Hospital Benefit” dengan “Hospital Cash Plan” dapat memberikan lapisan perlindungan ekstra.

Baca Juga:  Ingin Membeli Asuransi Tanpa Melalui Agen? Pertimbangkan Metode Berikut

“Hospital Benefit” menjamin biaya medis Anda sesuai dengan cakupan polis, memastikan bahwa kebutuhan medis utama Anda terpenuhi. Sementara “Hospital Cash Plan” memberikan santunan harian yang dapat membantu mengatasi biaya tambahan selama masa rawat inap, seperti transportasi, makanan, atau kehilangan pendapatan karena tidak bekerja.

4. Pertimbangkan Kebutuhan dan Kemampuan Anda

Dalam memilih asuransi kesehatan, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jika Anda sering memerlukan perawatan medis atau memiliki riwayat kesehatan tertentu, “Hospital Benefit” mungkin menjadi pilihan utama. Namun, jika Anda ingin memiliki perlindungan tambahan untuk biaya tak terduga selama perawatan, “Hospital Cash Plan” bisa menjadi tambahan yang bermanfaat.

5. Konsultasi dengan Ahli

Membeli asuransi bukanlah keputusan yang harus diambil dengan terburu-buru. Konsultasi dengan ahli asuransi atau perencana keuangan dapat memberikan wawasan tambahan dan membantu Anda memahami opsi yang tersedia dengan lebih baik. Mereka dapat memberikan rekomendasi berdasarkan profil risiko, kebutuhan, dan anggaran Anda.

Kesimpulan

Memilih asuransi kesehatan memerlukan pemikiran dan pertimbangan matang. Memahami perbedaan antara “Hospital Benefit” dan “Hospital Cash Plan” serta bagaimana masing-masing dapat memberikan manfaat bagi Anda adalah langkah awal yang penting. Dengan informasi yang tepat dan bimbingan dari ahli, Anda dapat membuat keputusan yang bijaksana untuk kesejahteraan dan perlindungan kesehatan Anda dan keluarga.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment