7 Panduan Sederhana Mengatasi Laptop yang Macet

Avatar photo

D. Mendra

7 Panduan Sederhana Mengatasi Laptop yang Macet

Ketika laptop Anda macet atau hang, tentunya Anda ingin segera mengatasinya agar kembali berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa saran yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut.

Masalah hang pada laptop sering kali muncul karena berbagai alasan, seperti penggunaan aplikasi yang berat, akumulasi file tidak berguna, atau adanya kerusakan pada perangkat lunak maupun perangkat keras.

Ketika laptop Anda terasa lambat atau tidak responsif, coba lakukan langkah-langkah berikut:

Langkah Mengatasi Laptop yang Macet

Berdasarkan sumber dari PC Mag, ada beberapa solusi yang bisa diterapkan ketika laptop Anda mengalami masalah hang:

1. Berikan Waktu untuk Laptop

Ketika laptop Anda hang, cobalah untuk memberikannya sedikit waktu. Hal ini dikarenakan laptop mungkin membutuhkan beberapa saat untuk menyelesaikan proses yang sedang dijalankannya.

Menurut sumber dari Askvg, seringkali laptop hang karena beberapa aplikasi mengkonsumsi RAM dan CPU secara berlebihan, sehingga sistem menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, beri waktu sekitar 5-10 menit bagi laptop Anda untuk memulihkan dirinya.

2. Hindari Kegiatan Tambahan

Ketika laptop Anda hang, hindari kebiasaan untuk terus mengklik atau menekan tombol secara berulang. Hal ini hanya akan mempersulit laptop untuk memproses dan bisa membuat kondisi semakin buruk. Sebaiknya bersabar dan tunggu beberapa saat.

3. Gunakan Kombinasi Tombol Ctrl+Shift+Esc

Jika dengan menunggu laptop Anda tetap hang, coba tekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan. Ini akan membawa Anda ke Task Manager.

Melalui Task Manager, Anda bisa melihat proses apa yang sedang memakan banyak sumber daya. Jika ada proses yang tampaknya memberatkan, Anda bisa memilih untuk mengakhiri proses tersebut agar sistem laptop Anda kembali normal.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hasil Jepretan Kamera Smartphone yang Tidak Tajam

4. Cek Konektivitas Perangkat

Pastikan laptop Anda benar-benar mengalami masalah, bukan hanya karena masalah sederhana seperti baterai yang habis atau kabel yang tidak terhubung dengan baik. Periksa seluruh perangkat yang terhubung, seperti mouse, keyboard, dan trackpad, untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

5. Lakukan Restart Sederhana

Mencoba melakukan restart sederhana dengan menutup dan membuka laptop Anda kembali bisa menjadi solusi cepat untuk masalah yang Anda hadapi. Ini seringkali efektif terutama pada berbagai versi Windows.

6. Gunakan Kombinasi Tombol Refresh

Tekan kombinasi tombol Windows+Ctrl+Shift+B secara bersamaan. Langkah ini akan meminta Windows untuk menyegarkan tampilannya dengan melakukan restart pada layar. Anda mungkin akan mendengar suara bip dan melihat layar berkedip sejenak.

7. Matikan Laptop Anda

Jika upaya sebelumnya tidak membuahkan hasil, Anda mungkin perlu mematikan laptop Anda. Tekan dan tahan tombol power yang biasanya terletak di bagian atas keyboard. Ingatlah bahwa Anda mungkin kehilangan beberapa data yang belum disimpan. Namun, Anda dapat mencoba mengakses data yang belum disimpan melalui File > Info > Manage Document > Recover Unsaved Document.

Semoga langkah-langkah di atas membantu Anda mengatasi masalah laptop yang macet. Selamat mencoba!

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment