Mencari Properti dengan Potensi Keuntungan? Pertimbangkan 5 Hal Ini

Avatar photo

D. Mendra

Mencari Properti dengan Potensi Keuntungan? Pertimbangkan 5 Hal Ini

Dalam ranah investasi, properti menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan instrumen lainnya. Ada pepatah yang mengatakan, ‘properti yang dihargai’ akan tetap mengalami kenaikan harga, setidaknya sebanding dengan inflasi. Dengan demikian, properti sering kali dianggap sebagai alat untuk mempertahankan nilai kekayaan yang dapat terkikis oleh inflasi. Selain potensi kenaikan harga, properti juga memberikan sejumlah manfaat lain, seperti potensi kenaikan modal (capital gain) dan pendapatan dari sewa (capital yield). Properti bahkan bisa dimanfaatkan sebagai tempat tinggal atau untuk keperluan bisnis.

Namun, untuk memastikan properti memiliki potensi apresiasi yang baik, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah lokasi, desain dan konsep properti, fasilitas yang tersedia, rentang harga, metode pembayaran yang fleksibel, dan ketersediaan akses yang memadai.

Memilih properti memerlukan analisis yang rinci dan visi jangka panjang, karena dalam esensi, Anda sedang ‘membeli masa depan’. Memerlukan wawasan, pengalaman, dan proses belajar untuk dapat memilih properti yang tepat dan mendapatkan keuntungan dari kenaikannya.

Ambil contoh dari pengalaman Diding Ubedillah (55 tahun) dari Tambun. Ketika mendekati masa pensiun, Diding ingin memiliki sumber pendapatan pasif sehingga dia dapat menikmati hari tuanya tanpa kekurangan. Dia memilih untuk berinvestasi di sebuah ruko multifungsi bernama Urban Hub, yang terletak di Cikarang International City (CINITY) – sebuah area perkembangan seluas 500 hektar di jantung Cikarang. Kawasan ini dikenal sebagai pusat industri yang masih memiliki potensi pertumbuhan, didukung oleh daya beli masyarakat yang terus meningkat.

“Saya memutuskan untuk membeli properti di lokasi ini terutama karena posisinya yang sangat strategis di Jalan Provinsi Gatot Subroto. Saya percaya, dalam kurun waktu 5-10 tahun mendatang, kawasan ini akan tumbuh pesat dan menjadi investasi yang menguntungkan. Apalagi, dengan lebih dari 9.000 KK yang tinggal di sana, belum termasuk komuter, serta adanya proyek properti residensial yang sedang berkembang, tentunya akan meningkatkan pasar di kawasan tersebut,” jelasnya.

Baca Juga:  5 Kesalahan Umum Saat Relokasi Rumah, Hindari Lakukan Ini!

Kawasan yang dikembangkan dengan konsep kota mandiri ini dipastikan akan meningkatkan nilai properti yang ada di dalamnya. Diding menyebutkan beberapa alasan yang membuatnya yakin dengan potensi pertumbuhan properti yang dia miliki.

Pertama, Cikarang sebagai bagian dari koridor timur tengah gencar mengembangkan infrastruktur. Salah satunya yang berhubungan langsung dengan CINITY adalah Stasiun Kereta Api Cikarang yang melayani berbagai layanan, ditambah lagi Terminal Bus Cikarang dan akses mudah ke tol Telaga Asih.

Kedua, kawasan ini dirancang sebagai pemukiman dengan beragam fasilitas, mulai dari sekolah, rumah sakit, pusat belanja, serta area hijau yang luas. Dengan posisinya di tengah kawasan industri, kenyamanan penghuni menjadi prioritas, yang tentunya akan menawarkan berbagai peluang lainnya.

Ketiga, Ruko Urban Hub menawarkan berbagai keunggulan, termasuk posisinya di boulevard utama, akses parkir langsung, area duduk yang luas, serta berhadapan langsung dengan London Promenade Thematic Shopping Street.

Keempat, banyaknya pekerja, baik lokal maupun asing, dengan kemampuan finansial yang baik menjadikan pasar di kawasan ini semakin berkembang. Berada di boulevard utama juga memperluas jangkauan pasar.

Kelima, ada rencana pembangunan akses tol Cilincing-Cibitung yang akan langsung terkoneksi dengan CINITY, serta proyek transportasi MRT fase ketiga dan JR Connexion yang akan terhubung langsung dengan Stasiun Cikarang.

“Berbagai faktor tersebut membuat saya sangat yakin dengan properti yang saya pilih. Saya melihat potensi besar untuk mendapatkan keuntungan, baik dari kenaikan nilai aset maupun pendapatan dari sewa. Saya juga berencana untuk membuka toko roti mengingat banyaknya tenaga kerja produktif di sini,” tuturnya.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment