Talaga Bodas, Danau Kawah dengan Keindahan Air Berwarna Putih Kehijauan di Garut

Avatar photo

D. Mendra

Temukan keajaiban Talaga Bodas, danau kawah berwarna putih kehijauan di Garut, yang memancarkan keindahan alam yang mempesona.

Taman Wisata Alam Telaga Bodas ialah taman alam yang terletak di Jawa Barat. Seperti namanya, taman ini talaga inilah yang dijadikan sebagai ikon utama tempat wisata.

Memang fauna dan flora di kawasan ini tidak terlalu banyak tapi wisata alam ini menyuguhkan berbagai hal menarik yang patut dikunjungi. Berikut apa saja hal-hal yang dimiliki wisata alam Bodas.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Bodas

1. Sejarah yang Membekas

Perlu diketahui bahwa sebelum menjadi tempat wisata, telaga ini sudah populer sejak zaman penjajahan Belanda karena keindahan alamnya. Saat talaga ini masih berupa kawah, ada suatu perkampungan yang bernama Kampung Papandak.

Keindahan alamnya yang menakjubkan inilah membuat banyak orang Eropa berbondong-bondong mengunjunginya. Terlebih lagi, tepatnya pada 4 Februari 1924, Gubernur Jenderal Hindia Belanda menetapkan wilayah ini sebagai objek wisata.

Setelah beberapa tahun, Margarethe Mathilde Weissenborn, seorang fotografer dari Belanda keturunan Jerman yang lahir di Kediri mengabadikan panorama kawah ini ke dalam sebuah kartu pos.

2. Berbagai Flora yang Unik

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh telaga ini yaitu keberadaan berbagai jenis tumbuhan yang menarik. Tumbuhan-tumbuhan tersebut yaitu saninten (Castanea argentea), suagi (Vaccinu varingifolium), huru (Litsea angulata), puspa (Schima walichii), manglid (Magnolia sp.), pasang (Quercus sp) dan juga tumbuhan kelompok liana dan epifit.

3. Beraneka Ragam Fauna

Selain flora, telaga ini juga sangat nyaman ditinggali oleh para fauna. Adapun jenis-jenis hewan mamalia di telaga ini yaitu macan tutul, kijang atau mencek, musang, kera ekor panjang, trenggiling, dan tupai.

Adapun flora kelompok burung atau aves yaitu burung kadanca, elang, tekukur, sarena, cinenen, kutilang, dan burung puyuh.

Baca Juga:  7 Destinasi Alam Semarang yang Memukau dan Mengagumkan

4. Kawah yang Cantik

Daya tarik utama dari telaga ini yaitu kawah sebagai ikon utamanya. Kawah ini berada di atas ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Di sekelilingnya, anda akan disuguhkan oleh hamparan panorama alam yang memukau. Panorama ini ialah pemandangan dari Gunung Galunggung dari kejauhan.

5. Kolam Pemandian dan Pancuran

Selain kawah, Telaga Bodas juga menyediakan kolam pemandian yang berisi air panas berupa belerang. Ada juga Kolam Pancuran 7 yang memiliki ciri khas dan pesona tersendiri.

Sehingga, diyakini oleh masyarakat mampu memberikan berkah jika berendam di dalamnya. Anda bisa menikmati momen berwisata dengan berendam sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Telaga

Alamat Talaga Bodas Garut
Foto: Google Maps/Nindin Samsudin

Banyaknya daya tarik yang dimiliki dari telaga ini selalu membuat para wisatawan lokal maupun asing ingin mengunjunginya.

Sebelumnya, perlu mengetahui alamat serta rute untuk menuju tempat wisata ini. Alamat Telaga Bodas yaitu berada di Jl. Talaga Bodas, Wanajaya, Kec. Wanaraja, Kab. Garut, Jawa Barat.

Tempat wisata ini kini sudah menjadi tempat berlibur yang populer dan selalu ramai akan pengunjung khususnya di hari libur.

Sangat disarankan untuk mengunjunginya pada hari kerja agar dapat menikmati keindahan alam dengan nyaman dan leluasa. Rute menuju lokasinya juga sangat mudah karena akses jalan yang digunakan sudah baik.

Untuk menuju ke lokasi, anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dengan kendaraan pribadi, anda bisa menuju ke Kota Garut, Kecamatan Winaraja, lalu sampai di Talaga Bodas.

Sedangkan dengan transportasi umum, anda bisa naik kereta ke Stasiun Cibatu, naik bus ke Terminal Garut, dan angkot jurusan Cibatu-Garut. Anda bisa turun di Winaraja, dan naik ojek ke lokasi.

Baca Juga:  Desa Potato Head Bali, Taman Rekereasi Air & Sarana Edukasi Favorit

Kegiatan Seru yang Harus Dicoba

1. Hiking dan Trekking

Di tengah perjalanan menuju lokasi, anda perlu berjalan kaki atau menyewa sepeda motor sekitar 1 km. Tidak perlu takut kelelahan karena anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah sambil berjalan kaki.

Tentunya, kegiatan trekking dan hiking terasa semakin ringan ditemani oleh suasana yang sejuk dan segar khas pegunungan.

2. Berendam di Kolam Air Panas

Pada sisi kanan bawah telaga, anda akan menjumpai tiga kolam air panas alami. Dua kolam tersebut tersedia untuk anak-anak dan lainnya untuk dewasa.

Suhu hangat dari kola mini membuat para pengunjung betah berendam. Selain itu, berendam disini tidak dipungut oleh biaya sepeserpun.

3. Menikmati Pemandangan Alam

Begitu tiba di lokasi, anda akan disajikan dengan pemandangan sebuah danau yang unik berwarna putih kehijauan. Danau ini berisi air dengan belerang alami yang hangat.

Namun, sebaiknya, danau ini tidak digunakan untuk berenang atau diminum airnya karena mengandung belerang yang cukup tinggi.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Fasilitas Telaga Bodas Garut
Foto: Twitter/Sharefotografi

Pada ujung jalan kawah, anda akan menjumpai fasilitas berupa saung-saung dan toilet. Pihak pengelola wisata ini juga menyediakan area parkir yang tertata dengan baik sehingga bisa digunakan untuk memarkir kendaraan pribadi anda. Ada juga musholla yang bisa digunakan untuk umat Islam beribadah selama berada di tempat wisata ini.

Setelah melakukan berbagai kegiatan seru di Talaga Bodas, tentunya perut kosong anda perlu diisi. Di kawasan telaga ini ada deretan kedai kuliner yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman khas Nusantara.

Adapun penataan yang dilakukan pada gerbang masuk, pagar pembatas area daratan dan danau, dan perbaikan pipa-pipa sumber mata air. Di sekitaran kolam rendam air panas, tempat ganti serta toilet juga tersedia dalam kondisi baik.

Baca Juga:  Situ Cipanten, Danau Dua Warna dengan Berbagai Spot Foto Instagenik di Majalengka

Sebab, pihak pengelolanya selalu berusaha untuk mengembangkan fasilitas-fasilitas untuk menjamin kenyaman pengunjung. Tidak heran jika para pengunjung selalu puas akan pelayanan tempat wisata ini.

Itulah hal-hal apa saja yang perlu diketahui dari Talaga Bodas mulai dari daya tarik, alamat menuju lokasi, kegiatan seru hingga fasilitas yang tersedia.

Hal ini perlu diketahui sebelum mengunjunginya atau bisa jadi anda gunakan sebagai bahan referensi tempat wisata yang hendak dikunjungi bersama keluarga atau kerabat.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment