11 Tempat Liburan di Sekitar Stasiun Malang

Avatar photo

D. Mendra

Tempat liburan di sekitar Stasiun Malang menawarkan beragam pilihan destinasi yang menarik, mulai dari pusat kota yang bersejarah hingga keindahan alam yang memukau.

Malang, sebuah kota di Jawa Timur, dikenal dengan beragam destinasi wisata menawan. Tidak heran jika kota ini kerap menjadi pilihan bagi para pelancong yang mencari destinasi liburan atau tempat relaksasi.

Bagi kamu yang memilih untuk mengunjungi Malang melalui perjalanan kereta api, ada dua stasiun utama yaitu Stasiun Malang dan Stasiun Malang Kotabaru.

Sekitar kedua stasiun ini, terdapat sejumlah spot wisata yang dapat dengan mudah dijangkau, baik dengan mengendarai kendaraan ataupun hanya dengan berjalan kaki. Ingin tahu apa saja pilihan tempat liburan di sekitar Stasiun Malang? Mari kita lihat ulasan berikut.

Berikut adalah daftar tempat liburan yang ada di sekitar Stasiun Malang, sebagaimana dirangkum oleh detikJatim dari berbagai referensi.

Daftar Tempat Liburan di Sekitar Stasiun Malang:

1. Kebun Trunojoyo

Berlokasi hanya sejauh sekitar 850 meter dari Stasiun Malang, Kebun Trunojoyo mudah diakses dari Jalan Trunojoyo, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Perjalanan singkat dengan kendaraan hanya memakan waktu sekitar 3-5 menit, sementara jika Anda memilih berjalan kaki, Anda akan memerlukan waktu sekitar 12 menit.

Kebun ini menawarkan beragam titik potret yang menarik untuk sesi fotografi Anda, berkat latar pepohonan yang rindang dan taman yang terawat.

Salah satu daya tarik tambahan Kebun Trunojoyo adalah adanya area bacaan, tempat pengunjung dapat menikmati bermacam-macam literatur.

Tarif Masuk: Tanpa Biaya

Biaya Estimasi Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil Rp 4.000

Waktu Buka: 24 jam non-stop.

2. Desa Pelangi Jodipan

Desa Pelangi Jodipan
Foto: Google Maps/Maylia Dwi

Mau destinasi dengan latar foto yang ceria? Desa Pelangi Jodipan bisa jadi tujuanmu. Di sini, setiap sudut rumah tampak hidup dengan warna-warna cerah, mirip pelangi ketika dilihat dari ketinggian.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Alam di Payakumbuh Terpopuler

Lokasinya ada di Jalan Ir. H. Juanda 6, Kec. Jodipan. Hanya butuh 4-5 menit berkendara dari stasiun, atau 7 menit dengan berjalan kaki.

Biaya Masuk: Rp 5.000

Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil Rp 5.000

Buka: Harian, 08.00-17.00 WIB.

3. Monumen Kemerdekaan 45 Malang

Bagi penggemar sejarah, Monumen Kemerdekaan 45 di Jalan Kertanegara, Klojen, adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Dengan jarak 750 meter dari stasiun, kunjungan ke sini memakan waktu 4-5 menit dengan kendaraan atau 11 menit berjalan kaki. Monumen ini mengenang perjuangan warga Malang dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Biaya Masuk: Gratis

Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil Rp 3.000

Buka: Harian, 09.00-17.00 WIB.

4. Desa Biru Arema

Sebagai tetangga dari Desa Pelangi Jodipan, Desa Biru Arema menawarkan estetika unik dengan dominasi biru di seluruh rumahnya. Lokasinya di Jalan Kidul Dalem, Kec. Klojen, hanya berjarak 550 meter dari stasiun. Perjalanan ke sini memerlukan waktu 4-6 menit dengan kendaraan atau 7 menit berjalan kaki.

Biaya Masuk: Rp 5.000

Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil Rp 3.000

Buka: Harian, 08.00-17.00 WIB.

5. Lapangan Tugu Malang

Lapangan Tugu Malang terletak di Jalan Tugu, Kidul Dalem, Kec. Klojen, dekat dengan Kantor Walikota Malang. Sebagai salah satu ikon Kota Malang, lapangan ini memiliki kolam teratai dengan tugu bambu runcing di tengahnya sebagai simbol kemenangan Arema melawan penjajah. Dari stasiun, kamu hanya membutuhkan waktu 5-6 menit dengan kendaraan atau 13 menit berjalan kaki.

Tarif Masuk: Gratis

Biaya Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil Rp 5.000.

Jam Kunjungan: Terbuka 24 jam.

6. Kuil Eng An Kiong

Kuil Eng An Kiong
Foto: Google Maps/Argha Christyanto

Terletak di Jalan R.E. Martadinata No.1, Kotalama, Kec. Kedungkandang, kuil ini berjarak 1,1 km dari stasiun Malang. Perjalanan kesana memakan waktu 6-9 menit dengan kendaraan atau 15 menit berjalan kaki. Kuil ini terkenal dengan pertunjukan Wayang Potehi dan Barongsai, serta tradisi bagi-bagi lontong Cap Go Meh saat Imlek.

Baca Juga:  19 Daftar Destinasi Wisata Pilihan di Luwu Utara

Tarif Masuk: Gratis

Biaya Parkir: [Tidak disebutkan]

Jam Kunjungan: Terbuka 24 jam.

7. Plaza Malang

Plaza Malang terletak di Jalan Merdeka Selatan, Kidul Dalem, Kec. Klojen. Dari stasiun, perjalanan kesana
memakan waktu 7-9 menit dengan kendaraan atau sekitar 20 menit berjalan kaki. Area ini menawarkan beragam spot foto menarik dan aktivitas seru seperti memberi makan burung merpati, bermain skateboard, atau mengikuti sesi senam.

Tarif Masuk: Gratis

Biaya Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil Rp 5.000.

Jam Kunjungan: Terbuka 24 jam.

8. Masjid Besar Malang

Masjid Besar Malang, sering disebut sebagai Masjid Agung Jami, terletak bersebelahan dengan Alun-Alun Malang, di Jalan Merdeka Barat No.3, Kauman. Jika berkendara, kamu akan memerlukan waktu sekitar 8-9 menit untuk tiba di sini, atau 22 menit dengan berjalan kaki.

Keistimewaan masjid ini terletak pada desain arsitekturnya yang menggabungkan unsur Jawa dan Arab. Bagi mereka yang ingin menemukan tempat untuk beristirahat sambil beribadah, masjid ini bisa menjadi pilihan.

Tarif Masuk: Tanpa biaya.

Biaya Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil Rp 5.000.

Jam Buka: Terbuka 24 jam.

9. Kampoeng Kayutangan

Kampoeng Kayutangan
Foto: Google Maps/Alki Autar

Dikenal juga sebagai Kampoeng Heritage Kajoetangan, tempat ini terletak dekat dengan Alun-Alun Malang dan Masjid Jami, tepatnya di Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.69-79, Kauman.

Tempat ini menawarkan latar yang estetik untuk penggemar fotografi, berkat arsitektur bergaya Belanda yang menonjol di sana. Suasana lampu yang menghiasi jalanannya mengingatkan pada keindahan Malioboro di Jogja.

Untuk mencapai Kampoeng Kayutangan, kamu memerlukan waktu 9-13 menit dengan kendaraan atau 22 menit dengan berjalan kaki.

Tarif Masuk: Gratis

Biaya Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil antara Rp 3.000-Rp 4.000.

Baca Juga:  6 Daftar Tujuan Wisata Terupdate di Bali

Jam Buka: Setiap hari, 07.00-18.30 WIB.

10. Taman Rekreasi Slamet

Berbeda dari kebanyakan taman, Taman Rekreasi Slamet memberikan sentuhan modern dengan dikelilingi instalasi yang menggambarkan enam gunung.

Terletak di Jalan Taman Slamet No.8, Gading Kasri, taman ini berjarak 9-12 menit berkendara atau 36 menit berjalan kaki dari stasiun Malang. Kamu juga bisa menemukan beragam penjual makanan dan minuman di sana.

Tarif Masuk: Gratis.

Tarif Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil Rp 5.000.

Waktu Buka: Setiap hari, 05.00-21.00 WIB.

11. Taman Cahaya Kunang-Kunang

Bernama Taman Cahaya Kunang-Kunang, taman ini terilhami oleh keindahan kunang-kunang yang berpendar di malam hari. Oleh karena itu, mengunjunginya di malam hari menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dengan lampu-lampu yang menyala serupa kunang-kunang.

Lokasinya ada di Jalan Jakarta Oro-Oro Dowo, Penanggungan. Memerlukan waktu 12-14 menit berkendara atau 47 menit berjalan kaki dari stasiun. Lebih baik menggunakan kendaraan untuk kesana agar lebih praktis.

Tarif Masuk: Rp 10.000.

Tarif Parkir: Motor Rp 2.000, Mobil Rp 5.000.

Waktu Buka: 24 jam.

Demikianlah 11 destinasi menarik di dekat stasiun Malang yang bisa menjadi referensi kunjunganmu bersama teman, keluarga, atau pasangan. Semoga informasi ini membantu perjalananmu!

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment