10 Tempat Wisata Alam di Payakumbuh Terpopuler

Avatar photo

D. Mendra

Tempat wisata alam di Payakumbuh yang terpopuler memukau dengan keindahannya yang menakjubkan, menawarkan pengalaman eksplorasi alam yang mempesona.

Terletak di Sumatera Barat, Payakumbuh adalah kota yang dikelilingi oleh keindahan alam yang mempesona. Dengan latar belakang pegunungan dan dataran tinggi, udara di kota ini sejuk dan menyegarkan. Tiga gunung megah yaitu Gunung Sago, Gunung Marapi, dan Gunung Singgalang menghiasi horizon kota ini.

Mayoritas daya tarik alam di Payakumbuh terdiri dari bukit-bukit yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Berikut beberapa destinasi alam menarik di Payakumbuh:

Tempat Wisata Alam di Payakumbuh

1. Ngalau Indah

Lokasi ini merupakan primadona di Payakumbuh, menampilkan gua dan hutan di atas ketinggian 640 mdpl, sebagaimana dilaporkan oleh Jadesta Kemenparekraf. Selain pemandangan yang mempesona, udaranya sejuk khas pegunungan. Hanya 6 km dari pusat kota, di gua ini Anda dapat menemukan stalaktit dan stalagmit yang terawat dengan baik serta batu gong yang unik.

2. Puncak Marajo

Puncak Marajo
Foto: Instagram/Firman

Berlokasi dekat dengan Ngalau Indah, tepatnya di sisi barat. Sebagai puncak bukit yang berdiri pada 700 mdpl, Puncak Marajo menawarkan pemandangan perbukitan dan kota dari ketinggian. Untuk mencapainya, pengunjung hanya perlu berjalan kaki singkat dari mulut gua Ngalau Indah.

3. Panorama Ampangan

Terletak di lereng Gunung Sago dan berada di Perbukitan Kenagaraian Aur Kuning. Dari pusat kota, lokasi ini mudah diakses, hanya sekitar 6 km. Dari sini, Anda dapat menikmati pemandangan yang memukau dari atas bukit.

4. Puncak Lontiak

Sebagai titik pengamatan, Puncak Lontiak memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan Payakumbuh dari ketinggian. Selain itu, bagi mereka yang mencari petualangan, Puncak Lontiak juga menjadi titik lepas landas bagi paralayang.

Baca Juga:  11 Tempat Liburan di Sekitar Stasiun Malang

5. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram
Foto: Google Maps/Kapalo Banda Taram

Sebagai desa wisata, Kapalo Banda Taram menawarkan beragam pilihan wisata alam, termasuk hutan pinus, air terjun, dan persawahan.

Berjarak 10 km dari Lembah Harau, desa ini juga menawarkan berbagai aktivitas, mulai dari ekowisata, wisata air, hingga wisata budaya. Terdapat fasilitas homestay dan rumah gadang yang menambah kenyamanan pengunjung.

6. Taman Sago

Taman Sago, yang sempat menjadi perbincangan hangat di Payakumbuh, terletak di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, sekitar 15 km dari pusat kota. Dulu adalah rumah pribadi, kini berubah menjadi destinasi wisata menurut informasi dari situs Kabupaten Lima Puluh Kota.

Rumah di Taman Sago memiliki desain etnik yang gabungan antara beton dan kayu, dilengkapi dengan furnitur klasik. Pengunjung bahkan bisa menghabiskan malam di rumah dengan halaman yang luas ini.

7. Lembah Harau

Lembah Harau adalah ngarai mempesona di Kecamatan Harau, dengan jarak kurang lebih 14 km dari Payakumbuh. Dengan lahan seluas 270,5 hektar yang dikelilingi tebing setinggi 500 meter, Lembah Harau memiliki tujuh air terjun dan batuan kuno.

Tak heran bila banyak yang menyamakannya dengan Lembah Yosemite di California, AS. Tempat ini sudah dikenal luas oleh wisatawan lokal maupun internasional.

8. Padang Mangateh

Padang Mangateh
Foto: Twitter/Sumbar

Dikenal juga sebagai Padang Mengatas, area hijau seluas 280 hektar ini berada sekitar 13 km dari Payakumbuh. Seperti dikutip dari Tribun Travel, kawasan ini adalah rumah bagi sapi-sapi ternak.

Dengan sejarah sebagai peternakan kuda kolonial Belanda sejak 1916, kawasan ini berubah menjadi peternakan sapi pada 1936.

Berada di lereng Gunung Sago, Padang Mangateh menampilkan keasrian pedesaan dengan hamparan rumput hijau dan udara segar.

9. Kelok 9

Dikenal dengan jalan berkelok sembilan, Kelok 9 menggabungkan ruas jalan, jalan layang, dan jembatan. Sejak pembangunannya selesai pada 2013, tempat ini menjadi salah satu ikon Sumatera Barat.

Baca Juga:  Museum D'Topeng, Museum yang Memamerkan 2000 Topeng & Beraneka Ragam Artefak di Malang

Terletak di Nagari Sarilamak, sekitar 25 km dari Payakumbuh, Kelok 9 menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau. Dengan tebing dan bukit hijau di sekitarnya, terdapat banyak titik fotografi untuk menangkap keindahan Kelok 9.

10. Bukik Bulek Taram

Bukik Bulek Taram yang berada di Nagari Taram menampilkan bukit yang unik dengan bentuk lonjong, berdiri di tengah kawasan rawa yang rata. Di kaki bukit, hamparan rumput hijau melengkapi pemandangan. Bukit ini telah menjadi salah satu titik foto terfavorit di Sumatera Barat.

Dari Taman Sago hingga Bukik Bulek Taram, Payakumbuh menawarkan kekayaan alam yang tak ada duanya. Semakin banyak yang ingin dieksplorasi, semakin banyak keindahan yang menanti.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment