10 Daftar Wisata di Sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta

Avatar photo

D. Mendra

10 Daftar Wisata di Sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta

Dikenal juga sebagai Stasiun Yogyakarta, Stasiun Tugu berlokasi di Jalan Margo Utomo 1 (dari sisi timur) dan Jalan Pasar Kembang (dari sisi selatan) di Sosromenduran, Gedongtengen, Yogyakarta.

Sebagai pusat transportasi utama di Yogyakarta, stasiun ini berdekatan dengan sejumlah tempat wisata menarik. Jika Anda berencana mengunjungi Yogyakarta, berikut beberapa destinasi menarik di dekat Stasiun Tugu.

Stasiun Tugu Yogyakarta telah berdiri sejak 20 Juli 1887 dengan gaya arsitektur art deco, yang populer antara era Perang Dunia I hingga Perang Dunia II.

Stasiun ini melayani rute kereta antarkota dan merupakan titik sentral di jalur tengah dan selatan Pulau Jawa. Kini, Stasiun Tugu tetap menjadi pilihan favorit para wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Daftar Tempat Wisata di Sekitar Stasiun Tugu:

1. Kawasan Malioboro

Letaknya sangat dekat dengan Stasiun Tugu, Malioboro menawarkan beragam atraksi mulai dari pusat perbelanjaan, kuliner lezat, hingga tempat-tempat bersejarah.

2. Kampung Sosromenduran

Berada tak jauh dari Malioboro, kampung ini menawarkan pengalaman budaya melalui berbagai tradisi seperti Apeman, Kirab Budaya, barongsai, dan pertunjukan musik keroncong.

3. Pasar Beringharjo

Jika Anda ingin berbelanja batik asli Yogyakarta, Pasar Beringharjo yang berjarak kurang dari 2 km dari Stasiun Tugu adalah tempatnya. Selain batik, ada juga berbagai barang antik dan aksesori lainnya.

4. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Sebagai landmark kota, titik ini menjadi tempat favorit untuk berfoto sambil merasakan aura Yogyakarta di masa lampau dengan latar belakang bangunan kuno.

5. Museum Benteng Vredeburg

Terletak tak jauh dari Malioboro, museum ini menawarkan pengalaman bersejarah dengan diorama dan berbagai artefak. Tiket masuknya sangat terjangkau, dan banyak spot foto menarik di dalamnya.

Baca Juga:  Museum Benteng Vredeburg: Jejak Sejarah yang Menginspirasi di Jogja

6. Kampung Wijilan

Dikenal sebagai pusat kuliner gudeg, khas Yogyakarta. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai jenis gudeg sampai kenyang. Selain makan di tempat, kamu juga bisa membawa pulang sebagai oleh-oleh.

7. Alun-Alun Kidul

Berlokasi di belakang Keraton Yogyakarta, alun-alun ini dikenal dengan dua pohon beringin kembar yang menjadi ikonnya. Bagi yang berani, cobalah Ritual Masangin, yaitu berjalan di antara kedua beringin dengan mata tertutup. Dipercaya jika berhasil, keinginanmu akan terwujud.

8. Keraton Yogyakarta

Dikenal juga sebagai Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, lokasi ini adalah saksi bisu sejarah dan budaya Jawa. Hanya beberapa langkah dari Malioboro, keraton ini juga berfungsi sebagai museum yang mengisahkan tentang para penguasa Yogyakarta.

9. Taman Sari

Masih berada dalam kompleks yang sama dengan Keraton Yogyakarta, Taman Sari dulunya adalah tempat pemandian para putri kerajaan. Kini, kolam-kolam pemandian tersebut masih terawat dengan baik sebagai bukti kejayaan masa lalu.

10. Museum Sonobudoyo

Tak jauh dari Stasiun Tugu, museum ini memiliki koleksi yang sangat beragam. Dari artefak kuno, keris, hingga batik, semua menjadi bagian dari koleksi yang memukau di museum ini.

Inilah sejumlah destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi di sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta. Nikmati setiap momen saat berwisata di kota penuh sejarah ini!

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment