11 Destinasi Terbaik di Semarang untuk Liburan

Avatar photo

D. Mendra

Destinasi terbaik di Semarang untuk liburan menampilkan pesona sejarah yang kaya, keindahan alam yang menakjubkan, memastikan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi pengunjung dari segala kalangan.

Tak hanya Jogja dan Solo, Semarang juga layak mendapat sorotan sebagai salah satu pusat destinasi wisata di Jawa Tengah. Kota ini menawarkan berbagai atraksi wisata, baik yang telah lama ada maupun yang masih fresh dan baru.

Berbagai jenis wisata bisa Anda temukan di Semarang, termasuk keindahan alam, kelezatan kuliner, serta beragam aktivitas untuk keluarga. Inilah beberapa tempat yang wajib Anda cermati:

1. Bantir Hills

Berada di Jalan Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Bantir Hills menawarkan lanskap bukit dan hutan yang memukau. Anda perlu berjalan kaki sekitar 1 kilometer dari tempat parkir, yang mematok tarif Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

2. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa
Foto: Instagram/Lidia Wijayanti

Tempat ini diduga dulu berfungsi sebagai gudang logistik pada tahun 1834, dengan struktur bangunan kuno dan jendela besar. Lokasinya tepat di belakang RSUD Ambarawa dan Anda bisa mengunjunginya tanpa tiket, cukup minta izin kepada petugas.

3. Bukit VW

Sebuah destinasi unik di Jalan Samiroto Raya, Tembalang, dengan puluhan mobil klasik era 70-an yang terpajang di atas bukit. Tarif parkir disini adalah Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

4. Curug Lawe

Menyuguhkan pemandangan air terjun dari tebing tinggi dengan air jernih dan lingkungan yang alami dan sejuk. Terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Utara. Tiket masuk hanya Rp4 ribu per orang.

5. Lereng Kelir

Lereng Kelir
Foto: Instagram/Pesona Wisata Kab. Semarang

Destinasi ini menghadirkan pemandangan alam eksotik dengan gardu pandang populer untuk berfoto. Dari sini, Anda bisa menikmati keindahan alam Semarang. Lokasinya di Desa Brangkol, Kecamatan Jambu, Ambarawa dengan tarif masuk Rp5 ribu pada hari biasa dan Rp7 ribu saat akhir pekan.

Baca Juga:  Batu Wonderland, Resort dan Taman Air yang Menakjubkan di Jawa Timur

6. Museum Kereta Api Ambarawa

Dive into the past dengan mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, dimana Anda bisa menaiki kereta api uap kuno. Tiket masuknya Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak. Kunjungi di Jalan Stasiun No. 1, Ambarawa, dari jam 08.00 hingga 16.00 WIB.

7. Kebun Bunga Setiya Aji

Jadilah saksi keindahan ratusan bunga krisan berbagai warna di Kebun Bunga Setiya Aji, destinasi populer di Semarang. Tempat ini terletak di Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasem Lor, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan. Tiket masuk hanya Rp7.500, buka dari jam 07.00 hingga 18.00 WIB.

8. Museum 3D Kota Lama

Museum 3D Kota Lama
Foto: Twitter/Kabar Wisata

Nikmati sensasi ilusi mata unik di Museum 3D Kota Lama Semarang. Berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No. 26, Tj. Mas, kunjungi dengan tiket Rp40 ribu dan nikmati dari jam 10.00 hingga 22.00 WIB.

9. Eling Bening

Tersaji pemandangan rawa dan pegunungan menakjubkan di Eling Bening, dilengkapi dengan fasilitas mulai dari restoran hingga tempat outbond. Kunjungi di Jalan Sarjono, Bawen, Kecamatan Ambarawa dengan tiket Rp15 ribu.

10. Pantai Marina

Salah satu spot favorit di Semarang untuk beraktivitas outdoor seperti lari dan bersepeda. Terletak di Jalan Yos Sudarso, pantai ini menawarkan fasilitas lengkap di area perumahannya.

11. Puri Maerokoco

Nikmati ragam budaya Jawa Tengah dengan melihat aneka rumah adat dari 35 Kabupaten dan Kota Madya di Puri Maerokoco. Lokasinya hanya 5 kilometer dari Tugu Muda di Jalan Yos Sudarso. Dengan tiket Rp15 ribu, Anda juga dapat menikmati rekreasi air dan taman-taman indah di sini.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang yang menarik untuk Anda kunjungi. Selamat berlibur!

Baca Juga:  Curug Gongseng, Air Terjun di Kuningan dengan Bergama Spot Foto Instagrammable

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment