19 Daftar Destinasi Wisata Pilihan di Luwu Utara

Avatar photo

D. Mendra

Daftar destinasi wisata pilihan di Luwu Utara menampilkan keindahan alam yang memesona, dan pengalaman wisata yang beragam, menarik minat para pengunjung untuk menjelajahi kekayaan wilayah tersebut.

Luwu Utara, yang dikenal juga sebagai “Bumi Lamaranginang”, menawarkan berbagai destinasi wisata menawan yang patut untuk dijelajahi. Dengan kekayaan alam dan budaya yang khas, berikut beberapa tempat wisata di Luwu Utara yang sebaiknya Anda kunjungi:

1. Pegunungan Limbong

Buat Anda yang gemar petualangan alam, Pegunungan Limbong adalah tempat yang tepat. Pegunungan ini menawarkan pemandangan alam pegunungan yang memukau, dilengkapi dengan latar belakang sawah hijau milik penduduk lokal.

Meskipun lokasinya agak terpencil dan jauh dari keramaian, tempat ini menawarkan udara bersih dan pemandangan alam yang asri dan sejuk. Kelelahan Anda akan terbayar saat berada di sini.

Meski terletak jauh dari pusat kota, akses ke Pegunungan Limbong sangat memadai. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum, seperti ojek. Pegunungan Limbong terletak di Desa Limbong, Kecamatan Rongkong. Yang menarik, untuk memasuki area ini Anda tidak perlu membayar biaya masuk.

2. Air Terjun Bantimurung Bone-Bone

Tempat ini menawarkan pemandangan air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter. Di bawahnya, ada kolam alami yang cocok untuk berenang atau sekedar berendam. Namun, pastikan Anda berhati-hati saat berenang karena kedalamannya cukup signifikan.

Selain menikmati air terjun, Anda juga bisa menikmati suasana alam sekitarnya yang asri, ditemani pepohonan rimbun yang menambah kesegaran udara di sekitar.

Beberapa fasilitas yang tersedia di sini antara lain gazebo, kamar mandi, mushola, tempat parkir, dan penginapan. Lokasi air terjun ini berada di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone.

3. Air Terjun Sarambu Alla

Air Terjun Sarambu Alla Luwu Utara
Foto: Google Maps/Adam Hermawan

Tertanam dalam kedalaman hutan Kabupaten Luwu Utara, Air Terjun Sarambu Alla menjadi salah satu permata alam yang menarik. Dikelilingi oleh keanekaragaman flora dan fauna, seperti burung, kupu-kupu, dan capung, pengunjung dapat merasakan kedamaian alam sejati.

Keindahan alam semakin diperkuat dengan pepohonan liar serta batuan besar yang mendukung keeksotisan tempat ini. Air terjun ini disuplai oleh Sungai To’Nangka, menghasilkan aliran air yang jernih dan menyegarkan.

Selama berkunjung, fasilitas seperti gazebo, toilet umum, ruang ganti, dan warung-warung kecil tersedia untuk kenyamanan Anda. Dengan biaya masuk hanya Rp 5.000 – Rp 10.000, Anda dapat menikmati keindahan ini. Lokasinya terletak di Desa Kalotok, Kecamatan Sabbang.

Baca Juga:  Maharani Zoo Lamongan, Informasi Tiket, Jam Operasional, dan Aktivitas Menarik

4. Bukit Wakatar

Sebagai destinasi sempurna untuk wisata keluarga, Bukit Wakatar menawarkan pengalaman yang luar biasa. Di sini, 10 unit pondok siap menyambut Anda dan jika ingin berpetualang dengan berkemah, terdapat 70 lokasi dengan fasilitas penerangan. Toilet dan mushola juga tersedia untuk kemudahan Anda.

Lanskap alam dengan pepohonan pinus menambah kesegaran suasana. Lokasinya 70 km dari Masamba, pusat Kabupaten Luwu Utara, berada di Desa Limbong, Kecamatan Rongkong.

5. Pemandian Alam Tamboke

Bersantai di tepi sungai dengan air yang jernih menjadi daya tarik utama Pemandian Alam Tamboke. Selain berenang, Anda bisa bersantai atau berpiknik di tepi sungai, mengabadikan momen indah bersama orang tersayang.

Meskipun gratis, sewa peralatan tambahan mungkin memerlukan biaya tambahan. Dengan mudah diakses, lokasi ini berada di Desa Tamboke, Kecamatan Sukamaju.

6. Taman Lestari Sulikan

Sebagai oase di tengah Kota Masamba, Taman Lestari Sulikan menawarkan ruang hijau untuk relaksasi dan rekreasi. Lokasinya yang strategis di tepi Sungai Masamba menjadikannya populer di sore hari, dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan untuk anak-anak dan area jogging.

Kursi taman yang nyaman disediakan untuk Anda yang ingin bersantai, sementara berbagai kudapan tersedia dengan harga terjangkau di sekitarnya.

7. Pemandian Alam Sulili Baebunta

Cari tempat berwisata bersama keluarga? Sulili Baebunta menawarkan pemandian alam dengan sungai berair jernih yang ramah untuk anak-anak. Selain berenang, Anda bisa mencoba river tubing khusus untuk dewasa.

Jika ingin menginap, tersedia Homestay dan area berkemah. Dengan biaya masuk Rp2.000 dan parkir Rp2.000, Anda bisa menikmati keindahan alam di Desa Baebunta, Kecamatan Baebunta.

8. Bukit Tiro’soe

Bukit ini letaknya dekat dengan Pemandian Alam Sulili Baebunta di Desa Baebunta. Disini, Anda bisa menikmati pesona alam dengan kehadiran pohon durian. Saat musim durian, Anda bisa makan durian segar.

Tersedia berbagai fasilitas, baik gratis maupun berbayar seperti wahana bermain anak, gazebo, kolam renang, sepeda gantung, dan flying fox. Area makan juga tersedia jika Anda merasa lapar.

9. Agrowisata Buntu Lemo

Agrowisata Buntu Lemo
Foto: Instagram/Agro Wisata Buntu Lemo

Wisata ini memperkenalkan Anda pada keindahan hortikultura, terutama tanaman tomat yang dikelola oleh warga setempat. Selain menikmati kebun, Anda juga bisa belajar tentang budidaya tanaman.

Meski harus berjalan kaki, keindahan pegunungan yang terhampar akan membalas lelah Anda. Lokasinya di Desa Rinding Allo, Kecamatan Limbong, dengan tiket masuk Rp 5.000.

Baca Juga:  Wisata Bahari Lamongan, Biaya Masuk, Jam Operasional, dan Aktivitas

10. Bukit Batu Kembar

Pendakian di Bukit Batu Kembar menawarkan pengalaman seru dengan pemandangan indah dari dua kecamatan: Bone-Bone dan Sukamaju. Saat malam, lampu dari kedua kecamatan itu bak bintang yang berkelip. Bukit ini dinamai demikian karena adanya dua batu kembar di puncaknya.

Ada juga gua bersejarah dengan peti berisi tulang-tulang manusia kuno. Meski medannya cukup menantang, pemandangannya pasti mempesona. Lokasinya di Desa Patoloan, Kecamatan Bone-Bone.

11. Pemandian Air Panas Pincara

Objek wisata populer di Kabupaten Luwu ini menawarkan tiga kolam air panas yang bersumber langsung dari pegunungan di Desa Pincara. Airnya yang jernih menjamin kejernihan yang memanjakan saat berendam. Pemandangan sungai yang bersebelahan menambah kesegaran pikiran.

Dengan fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, mushola, gazebo, dan penginapan, kunjungan Anda semakin lengkap. Untuk menikmati kesejukan airnya, biaya tiket masuk hanya Rp10.000. Lokasinya terletak di Desa Pincara, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

12. Bendungan Bantimurung

Bendungan ini berfungsi sebagai penyalur air untuk persawahan lokal, namun juga menjadi daya tarik wisata. Dikelilingi pemandangan gunung dan sawah, suasana bendungan menambah ketenangan.

Fasilitas-fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, mushola, dan penginapan siap memanjakan pengunjung. Berlokasi di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone – Bone, Kabupaten Luwu Utara, tak ada biaya masuk untuk menikmati kesegaran air bendungan.

13. Monumen Juang Lesangi

Monumen Juang Lesangi
Foto: Google Maps/Olivia Passaya

Monumen bersejarah di Luwu Utara ini, juga dikenal sebagai Monumen Masamba Affair, memperingati perjuangan pemuda Masamba melawan militer Belanda pada 29 Oktober 1949.

Patung di monumen memamerkan dua senjata khas: badik di tangan kanan dan senjata api di tangan kiri. Sambil menikmati suasana sekitar yang sejuk, Anda bisa memperdalam wawasan sejarah lokal. Lokasinya berada di Desa Bone, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

14. Makam Datok Pattimang

Makam ini adalah simbol penting bagi masyarakat Luwu Utara, menandai peran Datok Pattimang dalam penyebaran Islam ke Kerajaan Luwu pada abad ke-16. Tempat ini kerap dikunjungi, terutama saat hari besar keagamaan.

Berada di Desa Pattimang, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, makam ini menawarkan refleksi sejarah yang mendalam.

15. Air Terjun Pangorea

Dikenal sebagai permata alam di Kabupaten Luwu Utara, Air Terjun Pangorea menampilkan keindahan alami dengan ketinggian sekitar 40 meter. Air yang mengalir dengan deras menciptakan pemandangan yang memukau.

Baca Juga:  11 Tempat Liburan di Sekitar Stasiun Malang

Untuk mencapai lokasi, Anda mungkin harus berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor, namun pemandangan memukau air terjun ini pasti layak. Tempat ini berada di bukit Pangrea, tepatnya di Desa Sepakat, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

16. Air Terjun Eksotik Rema

Jika Anda masih bersemangat mengeksplorasi air terjun di Kabupaten Luwu Utara, coba kunjungi Air Terjun Rema. Meskipun tidak memiliki aliran air yang sangat deras dengan tinggi sekitar 20 meter, air terjun ini sempurna bagi Anda yang ingin berenang.

Anda bisa bersantai di tepian kolam yang dikelilingi oleh tembok alami. Meski tersembunyi dan memerlukan perjalanan berliku serta menanjak, pemandangan dan kesegaran air terjun pasti akan membalas kelelahan Anda. Lokasinya di Desa Tamboke, Kecamatan Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara.

17. Bukit Instagramable Buntu Tabuan

Buntu Tabuan, yang dalam bahasa setempat berarti gunung atau bukit, merupakan surga bagi pencinta fotografi. Di sini, Anda bisa mendapatkan berbagai spot foto yang memesona. Selain itu, bagi Anda yang gemar berkemah, area sekitar Buntu Tabuan menawarkan tempat camping yang ideal.

Dari ketinggian 1700 Mdpl, Anda bisa menikmati lanskap pegunungan yang hijau dan mempesona. Lokasi tepatnya berada di Desa Rinding Allo, Kecamatan Limbong, Kabupaten Luwu Utara.

18. Air Terjun Menawan Rante Kasimpo

Desa Rinding Allo tidak hanya memiliki Buntu Tabuan, tapi juga Air Terjun Rante Kasimpo. Dinginnya air dan pemandangan alam yang dikelilingi pepohonan serta bebatuan besar membuat tempat ini tampak seperti lukisan. Dengan berbagai tingkatannya, air terjun ini pasti akan memikat hati Anda.

Lokasi ini bisa diakses dengan berjalan kaki, menambah petualangan Anda. Kunjungilah di Desa Rinding Allo, Kecamatan Limbong, Kabupaten Luwu Utara.

19. Petualangan Mendaki Gunung Tolangi Balease

Bagi Anda yang mencari tantangan, Gunung Tolangi Balease menunggu untuk ditaklukkan. Persiapkan diri Anda untuk trekking selama hampir seminggu, melintasi sungai dan hutan lumut, serta jalur tanjakan yang memacu adrenalin.

Namun, saat Anda tiba di puncak dan disambut oleh pemandangan pegunungan dengan cahaya fajar, semua kelelahan akan terasa berharga. Segeralah menuju Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten
Luwu Utara.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment