Mengapa Menyewa Rumah Bisa Lebih Menguntungkan Daripada Memilikinya

Avatar photo

D. Mendra

Mengapa Menyewa Rumah Bisa Lebih Menguntungkan Daripada Memilikinya

Meski memiliki rumah dapat dianggap sebagai pencapaian impian, tetapi hal tersebut tidak selalu menjadi pilihan terbaik bagi setiap individu. Menyewa rumah bisa menjadi alternatif yang lebih cerdas, memberi Anda fleksibilitas dalam mengatur keuangan Anda, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut beberapa alasan mengapa menyewa mungkin lebih memberikan keuntungan ketimbang memiliki rumah:

Biaya tak terduga setelah pembelian rumah.

Saat Anda memutuskan untuk membeli rumah, baik melalui KPR atau pembayaran tunai, ada potensi biaya tambahan yang muncul di kemudian hari.

Selain harus memikirkan cicilan rumah yang biasanya telah termasuk bunga, Anda juga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mendekorasi dan melengkapi rumah dengan berbagai perlengkapan. Beban biaya ini dapat mempengaruhi anggaran bulanan Anda, yang pada akhirnya bisa menghalangi Anda untuk berinvestasi.

Kesempatan berinvestasi menjadi terbatas.

Dengan beban biaya yang muncul setelah membeli rumah, kemampuan Anda untuk menabung atau berinvestasi mungkin menjadi terhambat. Ini bisa menyulitkan Anda untuk mencapai target keuangan pribadi.

Meski mungkin Anda mempertimbangkan mencari pendapatan tambahan, namun hal itu tidak selalu mudah, terutama dengan adanya kewajiban cicilan rumah dan beban biaya lainnya yang mengikuti.

Potensi Pengeluaran Tak Terduga.

Meski Anda telah merancang anggaran keuangan dengan teliti, keadaan mendesak kadang memerlukan biaya besar yang tak terduga. Dalam kondisi seperti ini, memiliki rumah dengan cicilan bulanan dapat memperberat beban keuangan Anda.

Sebagai penutup, memilih untuk menyewa rumah bisa memberikan Anda ruang gerak keuangan yang lebih luas ketimbang memiliki rumah sendiri. Pastikan mempertimbangkan situasi keuangan dan kebutuhan Anda sebelum mengambil langkah penting.

Risiko Pembebanan Utang KPR.

Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR), perlu diingat bahwa keputusan tersebut memerlukan komitmen jangka panjang.

Baca Juga:  5 Ciri-ciri Pengembang Properti yang Tidak Terpercaya, Hati-hati Dalam Memilih!

Berbagai kejadian tak terduga mungkin muncul selama periode cicilan, termasuk risiko meninggal sebelum pelunasan utang.

Dalam kondisi tersebut, tanggungan KPR bisa menjadi beban bagi keluarga Anda, misalnya pasangan atau anak-anak. Sebagai langkah pencegahan, Anda mungkin akan mempertimbangkan asuransi jiwa kredit saat mengambil KPR. Namun, hal ini tentu menambah beban cicilan bulanan Anda.

Ketiga aspek pokok kehidupan manusia adalah pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Dalam hal ini, “tempat tinggal” mengacu pada kebutuhan akan sebuah hunian yang nyaman dan aman.Namun, memenuhi kebutuhan “tempat tinggal” bukan berarti harus memiliki rumah sendiri.

Menyewa pun bisa menjadi opsi yang tetap memenuhi kebutuhan dasar tersebut. Dengan menyewa, Anda memiliki kebebasan memilih lokasi strategis yang mendekatkan Anda ke berbagai fasilitas, sehingga bisa menghemat biaya transportasi dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Ketika tabungan semakin berkurang dan dana darurat telah digunakan, Anda mungkin berhadapan dengan kebutuhan untuk meminjam demi memenuhi kebutuhan lainnya. Hal ini menjadi suatu pertimbangan yang penting.

Beban Biaya Perawatan Rumah

Setiap pemilik rumah perlu mempersiapkan diri untuk tanggung jawab perawatan dan pembaruan dari waktu ke waktu.

Masalah kecil dapat muncul sewaktu-waktu saat Anda tinggal di rumah, dan jika tidak segera ditangani, masalah tersebut dapat memperparah kerusakan dan mengenai area lain dari rumah.

Penting untuk menyadari bahwa setiap pemeliharaan atau pembaruan membutuhkan dana. Sudahkah Anda siap untuk hal tersebut?

Mereka yang memilih untuk memiliki rumah sebaiknya menyisihkan dana khusus untuk pemeliharaan dan pembaruan rumah.

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment