Situ Cipanten, Danau Dua Warna dengan Berbagai Spot Foto Instagenik di Majalengka

Avatar photo

D. Mendra

Jeljahi  keindahan alam Majalengka dengan mengunjungi Situ Cipanten, merupakan danau unik yang meiliki dua warna serta menawarkan beragam spot foto instagenik.

Majalengka seakan tidak kehabisan opsi untuk tempat berlibur dan rekreasi. Ragam area dari tempat wisata alam sampai tempat wisata buatan pun tersedia.

Namun, area wisata alam seperti Situ Cipanten masih memiliki daya tarik tersendiri. Tujuan wisata danau ini pun kian hari kian menjadi favorit masyarakat Majalengka. Tertarik untuk mampir? 

Daya Tarik Wisata Situ Cipanten

1. Danau Dua Warna Yang Jernih Dan Segar

Satu daya tarik utama dari kawasan ini tentunya adalah danau itu sendiri. Situ atau Danau Cipanten ini memiliki air yang begitu jernih, bahkan bisa sampai melihat dasar danau dan ikan ikan yang berenang.

Hal ini menjadi nilai plus tersendiri, pasalnya banyak pengunjung yang berfoto dengan keindahan danau itu.

Tak hanya soal keindahan dari air danaunya yang jernih dan segar. Danau ini juga memiliki luas sekitar 1 Hektar area. Yang mana dihiasi dengan hutan hijau, area yang masih terjaga, dan alami.

Tak heran jika cocok untuk menghilangkan penat dari kota. Menariknya, danau di Cipanten ini pun cukup unik. Keunikan itu muncul karena dua Warna.

Danau dua warna tersebut akan tampak jika Anda mengunjungi situ di musim kemarau dan musim hujan. Di musim yang berbeda, airnya pun akan tampak memiliki warna yang berbeda.

Di musim kemarau, warna biru jernih menghiasi danau. Namun di musim hujan, warna hijau yang tak begitu jernih muncul. Namun di saat siang hari, air cenderung memantulkan cahaya matahari.

2. Keindahan Kawasan

Namanya juga wahana rekreasi alam, maka daya tariknya ada di kawasan alami dan segar yang begitu cantik. Keindahan kawasan ini didukung dengan jernihnya air danau, hijau dan menjulangnya pohon di sekitar danau, serta ikan warna warni yang menggerombol di danau.

Baca Juga:  19 Daftar Destinasi Wisata Pilihan di Luwu Utara

Kawasan ini pun layak menjadi latar belakang foto cantik. Menariknya, ada sedikit cerita tentang mitos dan sejarah kawasan situ cantik satu ini.

Sebelumnya, kawasan situ ini dilindungi dan terselubung di antara pohon pohon tinggi dan gelap. Yang kemudian memberikan tampilan dan kesan angker.

Beruntungnya setelah dibuka sebagai area wisata, area sekitar pun dibersihkan untuk kawasan yang lebih menyenangkan.

3. Ragam Ikan Yang Berenang Di Dalam Kolam   

Jika ditanya tentang apa yang unik, mungkin jawabannya adalah ragam ikan yang tinggal di danau ini. Meski area danau begitu luas, namun jumlah ikan koi dan ikan danau warna warni pun kerap menemani pengunjung.

Mereka kerap datang ke area kapal, wahana, atau permukaan karena para pengunjung diperbolehkan memberi makan dari pihak pengelola kawasan wisata.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Alamat Situ Cipanten
Foto: Twitter/A Chamdi

Tertarik untuk mampir ke danau cantik yang satu ini? Lokasinya ada di Gunung Kuning, Majalengka. Sedikit jauh dari kota, namun bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi.

Bahkan, jarak tempuhnya kurang lebih hanya 30 menit dari pusat kota Majalengka. Untuk biayanya pun murah meriah, hanya perlu bayar kurang lebih Rp 10 ribuan saja.

Jika Anda ingin mampir, lokasinya sudah bisa ditemukan di dalam peta online. Biasanya, jika meluncur dari Majalengka maka akan lewat Rajagaluh, menuju jalan gunung Kuning ke Sindang.

Nantinya tinggal ikuti jalan atau GPS untuk mencapai Wisata danau yang satu ini. Tidak terlalu rumit dan bisa  menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Fasilitas Situ Cipanten
Foto: Twitter/A Chamdi

1. Berfoto Di Spot Instagenik

Berburu foto di danau ini pasti tidak akan ada habisnya. Anda bisa berfoto di atas danau dengan keindahan alam air jernih dan ikan ikan yang berenang di dalam air.

Baca Juga:  7 Destinasi Menarik di Jogja untuk Nikmati Malam

Jika Anda mencelupkan kaki, biasanya para ikan akan bergerombol untuk berdatangan. Bahkan mereka pun bisa Anda pancing dengan menggunakan makanan dari penjual sekitar.

Tidak hanya berfoto di area danau, pengelola kawasan wisata ini juga sudah menyediakan beberapa spot keren. Anda bisa berfoto dengan sepeda gantung dan membayar kurang lebih Rp 25 ribuan saja.

Bahkan ada juga spot foto ayunan di atas danau seharga Rp 5 ribuan saja. Bisa juga berfoto di atas wahana air seperti bebek goes atau kapal dayung.

2. Berkeliling Menggunakan Wahana Air

Wahana air yang disediakan bukan permainan yang menantang jantung. Hal ini untuk menghindari kerusakan atau mengganggu ekosistem ikan di danau.

Karena itu, wahana yang tersedia adalah Bebek gowes, kapal dayung, dan pelampung. Anda bisa bermain air ringan, berkeliling ke sekitar danau dan menikmati keindahan alamnya.

3. Piknik Dan Bersantai Di Kawasan Wisata

Tidak ada salahnya untuk berkunjung hanya untuk bersantai dan piknik. Kawasan wisata ini sudah menyediakan fasilitas rekreasi dasar seperti warung makan, fasilitas dasar kamar mandi, mushola dan lain lain.

Jadi Anda bisa puas bersantai di area sekitar. Bawa saja tikar dan makanan dari rumah atau beli di kawasan. Kemudian makan bersama dengan keluarga.

4. Camping Atau Menginap Di Area Kawasan Wisata

Situ Cipanten ternyata juga memiliki fasilitas penginapan. Penginapan ini tersedia mulai dari harga kurang lebih Rp 250 ribuan hingga kamar atau villa besar dengan harga Rp 500 ribuan per malam.

Fasilitas menginap sudah cukup lengkap, seperti dapur, wifi, sarapan, kamar mandi, dan lain lain. Ada juga camping area, yakni Buper Cipanten.

Majalengka memang memiliki banyak sekali lokasi atau tujuan wisata alami yang layak untuk dikunjungi. Danau Cipanten pun bisa menjadi pertimbangan, apalagi dengan banyaknya daya tarik dan keindahan alam yang dimiliki. Jangan kaget jika liburan murah meriah ini cukup ramai dan jadi banyak jujukan liburan di Majalengka.

Baca Juga:  Situs Purbakala Cipari, Mengintip Pesona Situs Peninggalan Megalitik di Kuningan

Share

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment